TINJAUAN YURIDIS PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN SURAKARTA TERKAIT PROSES PENGAJUAN KLAIM JAMINAN HARI TUA MELALUI JASA CALO

MASAKI, FA’IZAL FARAQTA (2023) TINJAUAN YURIDIS PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN SURAKARTA TERKAIT PROSES PENGAJUAN KLAIM JAMINAN HARI TUA MELALUI JASA CALO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900124_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900124_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui tinjauan yuridis peserta BPJS Ketenagakerjaan Surakarta terkait proses pengajuan klaim Jaminan Hari Tua melalui jasa calo. BPJS Ketenagakerjaan merupakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang dibentuk oleh Pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat yang telah dituangkan pada Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011 dengan jelas serta salah satu programnya adalah Klaim Jaminan Hari Tua. Metode pada penelitian ini adalah metode yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi wawancara, sumber data sekunder berupa jurnal, buku dan sumber data tersier. Lokasi penelitian berada di kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Surakarta. Kemudian metode analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan dan wawancara. Hasil penelitian peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) tentang penggunaan jasa calo sangatlah beragam. Para peserta mengerti dan mengetahui prosedur atau langkah-langkah dalam pengajuan klaim JHT baik secara online yang bisa melalui aplikasi JMO atau secara ofline dengan datang secara langsung di kantor BPJS Ketenagakerjaan Surakarta. Sehingga para peserta tidak tertarik dan tidak perlu menggunakan jasa para calo untuk pengajuan klaim JHT. Karena dirasa menggunakan jasa calo pasti adanya upah yang harus dibayarkan. Meskipun para peserta dijanjikan memperoleh kemudahan dalam pengajuan klaim JHT dengan menggunakan jasa calo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:17
Last Modified: 12 Oct 2023 03:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31546

Actions (login required)

View Item View Item