PERAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) DALAM MEMINIMALISIR PERNIKAHAN DI BAWAH UMUR (Studi Kasus Di KUA Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang)

Gunawan, Fairuz (2023) PERAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) DALAM MEMINIMALISIR PERNIKAHAN DI BAWAH UMUR (Studi Kasus Di KUA Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900122_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900122_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)

Abstract

Perkawinan dibawah umur telah menjadi persoalan umum yang kerap terjadi di masyarakat. Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai Lembaga yang berkewajiban untuk mengatur masalah perkawinan memiliki peran penting dalam meminimalisir terjadinya pernikahan dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran KUA Kecamatan Banatarbolang Kabupaten Pemalang dalam meminimalisir terjadinya pernikahan dini, bagaiaman implikasi peran KUA di Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analisis. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan analisis data menggunakan metode deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukan bahwa KUA memiliki peran dalam meminimalisir pernikahan dini melalui administrasi dan melalui Lembaga penyuluh. Secara administrasi KUA Kecamatan Bantarbolang melakukan upaya melalui verifikasi persyaratan calon pasangan yang ingin menikah. Kemudian, KUA Kecamatan Bantarbolang juga melakukan upaya penyuluhan dengan dibantu oleh tenaga penyuluh di wilayah kecamatan sebagai Langkah preventif agar pernikahan dini tidak terulang Kembali. Kedua upaya tersebut memberikan beberapa implikasi terhadap permasalahan yang terjadi diantaranya, meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Batasan usia ideal untuk menikah sesuai Undang- Undang, serta menekan jumlah kasus pernikahan dini di Kecamatan Bantarbolang. Implikasi peran KUA juga temasuk dalam hal Pendidikan dan informasi, penegakan hukum, konseling dan pendampingan, dan kerjasama dengan lembaga lain. Kata Kunci : Pernikahan Dini, Peran KUA, Kecamatan Bantarbolang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:16
Last Modified: 12 Oct 2023 03:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31545

Actions (login required)

View Item View Item