Sembada, Abieza Reswara Widya (2023) TEKNIK SINEMATOGRAFI DALAM MENGGAMBARKAN PESAN OPTIMISME PADA FILM SCIENCE FICTION DUNE ”PART ONE”. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Ilmu Komunikasi_32801900003_fullpdf.pdf Download (47MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32801900003_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
Abstract
Film merupakan salah satu bentuk media komunikasi yang sangat efektif dalam menyampaikan pesan. Film Dune “Part One” memenangkan banyak nominasi dan penghargaan yang beragam dari berbagai macam festival film, salah satunya penghargaan menjadi film dengan sinematografi terbaik dari festival film paling bergengsi yaitu Oscars 2022, selain itu film yang menceritakan tentang perjuangan ini memperlihatkan banyak tayangan tentang pesan optimisme di dalamnya. Peneliti bertujuan untuk menganalisis teknik sinematografi yang digunakan untuk menggambarkan pesan optimisme dalam film Science Fiction Dune “Part One”, dengan mencari bentuk pesan optimismenya terlebih dahulu lalu menganalisis teknik sinematografi yang digunakannya. Peneliti menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma Konstruktivisme, kemudian analisis data dalam penelitian ini akan menggunakan teori sinematografi oleh Joseph V. Mascelli karena secara khusus berfokus pada unsur-unsur penting dalam sinematografi, namun di sini peneliti hanya akan berfokus pada unsur (shot size, camera angle dan composition). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 20 scene yang secara jelas menyampaikan pesan optimisme melalui nilai-nilai seperti memiliki pengharapan tinggi, tidak mudah putus asa atau tidak bersikap pasrah, mampu untuk memotivasi diri, dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Dalam konteks visual sinematografi, Pesan tersebut digambarkan oleh 8 jenis shot size, 3 jenis camera angle dan 10 jenis composition. Sedangkan kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini yaitu, very long shot menjadi shot size yang paling dominan digunakan dalam 5 scene, eye level menjadi camera angle yang paling dominan digunakan dalam 9 scene, dan deep space menjadi composition yang paling dominan dalam menggambarkan pesan optimisme dalam 6 scene. Selain itu juga dapat diperlihatkan, bahwa terdapat beberapa scene juga yang menggabungkan lebih dari satu jenis composition, seperti yang terlihat pada scene 12 yang menggunakan leading lines dan diagonal depth sebagai elemen composition-nya. Kata Kunci : Sinematografi, Film, Pesan Optimisme
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 03:15 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 03:15 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31544 |
Actions (login required)
View Item |