TINJAUAN YURIDIS PENYELESAIAN SENGKETA WANPRESTASI DALAM TRANSAKSI JUAL BELI E-COMMERCE (Studi Putusan Nomor 183/Pdt.G/2018/PN.Mdn)

YUDHA, ERYANA PRAWIRA (2023) TINJAUAN YURIDIS PENYELESAIAN SENGKETA WANPRESTASI DALAM TRANSAKSI JUAL BELI E-COMMERCE (Studi Putusan Nomor 183/Pdt.G/2018/PN.Mdn). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900118_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900118_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju dan pesat dari waktu ke waktu sudah kita rasakan dampaknya, salah satunya pada dunia bisnis. Penggunaan internet dalam aktivitas transaksi bisnis biasa dikenal dengan istilah Electronic Commerce (E-Commerce). Pada dewasa ini mayoritas orang lebih memilih untuk berbelanja melalui internet/online daripada datang langsung ke toko fisik. Wanprestasi dalam jual beli online sangat rentan terjadi, hal itu dikarenakan dalam sistem jual beli secara online antara pihak penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung untuk melakukan transaksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terkait dengan perlindungan hukum terhadap konsumen dalam pelaksanaan jual beli online (E-Commerce) dalam hal terjadinya wanprestasi, mengetahui proses penyelesaian sengketa wanprestasi terhadap studi kasus skripsi, dan mengetahui pertimbangan Majelis Hakim dalam memberikan putusan perkara sengketa wanprestasi dalam jual beli online (E-Commerce) berdasarkan putusan Nomor 183/Pdt.G/2018/PN.Mdn. Pendekatan yang digunakan penulis yaitu pendekatan yuridis normative dan spesifikasi yang digunakan deskriptif analitis. Sumber data pada penulisan ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan studi penelitian kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen dalam pelaksanaan jual beli online (ECommerce) dalam hal terjadinya wanprestasi yakni bisa diwujudkan dalam bentuk perlindungan hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan dan perlindungan hukum berdasatkan perjanjian yang dibuat antar pihak. Proses penyelesaian sengketa wanprestasi putusan Nomor 183/Pdt.G/2018/PN.Mdn melalui pengadilan. Pertimbangan Majelis Hakim dalam memberikan putusan perkara sengketa wanprestasi dalam jual beli online (E-Commerce) berdasarkan putusan Nomor 183/Pdt.G/2018/PN.Mdn terdapat beberapa alasan dengan hasil putusan gugatan penggugat tidak diterima. Kata Kunci : Tinjauan Yuridis, Wanprestasi, Jual-Beli, E-Commerce

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:15
Last Modified: 12 Oct 2023 03:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31543

Actions (login required)

View Item View Item