ANALISIS ISI INSTAGRAM PERTAMINA PERSERO REFINERY UNIT (RU) VI BALONGAN INDRAMAYU DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF MELALUI AKUN @pertamina_ru6

Ali, Syarif (2023) ANALISIS ISI INSTAGRAM PERTAMINA PERSERO REFINERY UNIT (RU) VI BALONGAN INDRAMAYU DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF MELALUI AKUN @pertamina_ru6. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800083_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800083_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)

Abstract

Membangun citra positif pada masyarakat menjadi tantangan tersendiri bagi PT Pertamina RU VI Balongan Indramayu, karena masyarakat di era globalisasi ini banyak beralih menggunakan Instagram untuk membangun image khususnya untuk sebuah perusahaan. Media Sosial Pertamina RU VI Balongan menjadi salah satu akun media sosial pertamina yang aktif dibandingkan kilang lainnya serta dapat menarik masyarakat untuk terlibat dalam merespon konten yang disajikan. Oleh karena itu berbagai analisis diupayakan oleh public relations untuk membangun citra positif, salah satunya adalah melalui media sosial instagram. Melalui pemanfaatan fitur-fitur yang disediakan oleh instagram membuat public relations dalam mengelola akun berupaya membangun citra positif. Tujuan dari penelitian adalah menggambarkan strategi public relations Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan Indramayu dalam membangun citra positif melalui media Instagram. Teori yang digunakan adalah Computer Mediated Communication (CMC) Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Perolehan data dari penelitian ini melalui analisis isi Instagram, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Pertamina RU VI Balongan Indramayu berhasil dalam menggunakan sosial media Instagram sebagai sarana dalam membangun citra positif perusahaan. Hal ini ditunjukkan dalam setiap unggahan yang dibuat menunjukkan kepedulian sosial tinggi serta bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Pemanfaatan fitur Instagram feed, Instagram story, Instagram reels dalam menyampaikan pesan melalui alat smartphone, komputer dan laptop dengan mengkategorikan konten dengan format foto, video mengenai kegiatan – kegiatan – kegiatan yang ada di pertamina RU VI Balongan Indramayu menunjukkan hasil yang baik terbukti dari keterlibatan masyarakat dalam memberikan like, komentar dan juga direct message. Bagi peneliti lain yang tertarik untuk meneliti dibidang yang sama peneliti menyarankan untuk dapat menyempurnakan data yang diperoleh dengan mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang lebih selektif saat melakukan wawancara dengan public relations pertamina RU VI Balongan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan seputar pengelolaan media sosial Instagram. Bagi pertamina dalam mengelola akun media sosial Instagram lebih serius dan perencanaan yang matang agar terlaksananya tujuan public relations dalam membangun citra positif perusahaan. Kata kunci : Strategi, Citra positif, Media Sosial,Instagram

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:11
Last Modified: 12 Oct 2023 03:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31538

Actions (login required)

View Item View Item