STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BRAND STREETWEAR LOKAL “HORNYCUPCAKES” UNTUK MENINGKATKAN BRAND POSITIONING PADA KONSUMEN DI KOTA SEMARANG

HIDAYAT, TAUFIK WAHYU (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BRAND STREETWEAR LOKAL “HORNYCUPCAKES” UNTUK MENINGKATKAN BRAND POSITIONING PADA KONSUMEN DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800075_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800075_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)

Abstract

Hornycupcakes sebagai brand lokal di kota Semarang yang berdiri sejak tahun 2014, sampai sekarang masih eksis di tengah maraknya usaha di bidang fashion streetwear. Hal itu tidak terlepas dari strategi positioning yang dilakukan untuk meningkatkan brand positioning di kalangan anak muda kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi positioning yang dilakukan oleh Hornycupcakes dan upaya untuk mempertahankan eksistensi brand. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan paradigma konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan menggunakan dua teori yaitu, teori pendekatan STP (Segmentasi, Targeting, Position) dan IMC (Integrated Marketing Communication). Subjek penelitian ini adalah Owner dari hornycupcakes dan supervisornya. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa hornycupcakes pada saat ini telah menerapkan strategi STP (Segmentasi, Targeting, Positioning) melalui segmen yang sebelumnya belum terbentuk hingga pada saat ini sudah terbentuk banyak segmen, targeting yang sudah ditentukan yaitu anak muda hingga dewasa yang menyukai musik, kemudian positioning yang tepat dengan cara melakukan support melalui kolaborasi dengan band lokal di Kota Semarang. Selain strategi STP (Segmentasi, Targeting, Positioning) hornycupcakes juga menerapkan promotion tools dalam IMC (Integrated Marketing Communication) dengan memakai tiga tools yaitu iklan (advertising) dengan cara memasang iklan pada e-commerce shopee untuk menunjang penjualannya, promosi penjualan (promotion sales) dengan melakukan promosi seperti diskon dan yang terakhir adalah penjualan perorangan (personal selling) memberikan pelayanan langsung kepada konsumen yang datang langsung ke toko hornycupcakes. Kata Kunci: STP (Segmentasi, Targeting, Positioning), Brand Positioning, Integrated Marketing Communication

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:10
Last Modified: 12 Oct 2023 03:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31536

Actions (login required)

View Item View Item