Dwi Santosa, Reynata Krisnawan (2023) ANALISIS PERAN MEDIASI BRAND AWARENESS, DALAM PENGARUH BRAND AMBASADOR RAFFI AHMAD TERHADAP TERBENTUKNYA BRAND IMAGE ERIGO APPAREL PADA MASYARAKAT DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Ilmu Komunikasi_32801800063_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32801800063_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
Abstract
Peluang pasar konsumen Indonesia menduduki peringkat ke-empat terbesar di dunia. Salah satu keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan adalah brand image dan Brand Ambassador. Salah satu perusahaan yang fokus terhadap hal tersebut adalah Erigo. Industri pakaian merupakan industri yang menyumbang ekspor terbesar di Indonesia. Saat ini, banyak produk lokal yang bersaing dalam industi pakaian seperti Erigo. Dengan adanya persaingan tersebut, diperlukan suatu keunggulan kompetitif yang dimiliki suatu perusahaan guna menarik konsumen mengingat pakaian sangat erat kaitannya dengan persepsi seseorang tentang dirinya sendiri. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) seberapa besar pengaruh brand ambassador Raffi Ahmad terhadap brand image erigo di kota Semarang. 2) apakah ada pengaruh positif brand ambassador Raffi Ahmad terhadap brand image Erigo dengan dimediasi brand awareness di kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah para mahasiswa atau masyarakat kota Semarang yang berusia kisaran 20-24. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan paradigma positivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hieararki of Effect. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan teknik penentuan responden menggunakan purposive sampling. Menggunakan Analisis Path Regresi (Path Anaylisis) dengan menggunakan bantuan IBM SPSS sebagai alat bantu untuk melakukan uji data statistik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara langsung variabel brand ambassador Raffi Ahmad (X) terhadap variabel brand image erigo apparel (Z). dengan hasil analisa diperoleh nilai signifikansi variabel X sebesar 0,043< 0,05. Yang artinya variabel X berpengaruh signifikan terhadap variabel Z. Terdapat pengaruh tidak langsung variabel brand ambassador Raffi Ahmad (X) melalui brand awareness (Y) terhadap variabel brand image erigo apparel (Z). Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa nilai pengaruh langsung sebesar 0,164 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,436 yang berarti bahwa nilai pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh langsung. Dengan kata lain hasil ini menguatkan bahwa secara tidak langsung variabel (X) melalui variabel (Y) mempunyai signifikan terhadap variabel (Z). Kata kunci : Mediasi Brand Awareness, Brand Ambassador, Brand Image
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 03:09 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 03:09 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31535 |
Actions (login required)
View Item |