TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN SEPEDA MOTOR (Studi Kasus Putusan pada Pengadilan Negeri Pati Nomor III/Pid.B/2022/Pn.Pti)

Tani, Dhimas Irfandi (2023) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN SEPEDA MOTOR (Studi Kasus Putusan pada Pengadilan Negeri Pati Nomor III/Pid.B/2022/Pn.Pti). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900094_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900094_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya angka kriminalitas pencurian di kabupaten pati banyak menyebabkan keresahan bagi warga sekitar. Beberapa kasus, korban pencurian melaporkan ke pihak kepolisian, dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Indonesia perbuatan Pencurian di atur dalam Pasal 362. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan sanksi pidana terhadap pelaku pencurian sepeda motor di Pengadilan Negeri Pati (Putusan Nomor III/Pid.B/2022/Pn.Pti) dan untuk mengetahui faktor-faktor pertimbangan hakim dalam menjatuhkan sanksi bagi pelaku pencurian motor di Pengadilan Negeri Pati (Putusan Nomor III/Pid.B/2022/Pn.Pti). Pendekatan masalah yang digunakan untuk membahas permasalahan dalam penulisan hukum ini adalah menggunakan metode yuridis sosiologis. Metode yuridis sosiologis dilakukan dengan cara memaparkan suatu pernyataan yang ada di lapangan berdasar asas-asas hukum, kaidah-kaidah hukum, atau perundang-undangan yang berlaku dan ada kaitannya dengan permasalahan yang dikaji. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Adapun pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka kemudian di analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan sanksi pidana pencurian yang merugikan orang lain diatur dalam Pasal 362 KUHP. Adapun sanksi pidana pencurian diancam pidana yaitu 5 tahun penjara, dalam kasus Pencurian (Putusan Nomor : III/Pid.B/2022/Pn.Pti) hakim menjatuhkan pidana terhadap terdakwa relatif ringan dengan putusan pejara selama 9 bulan kepada pelaku pencurian. dan hakim dalam menjatuhkan sanksi dengan mempertimbangkan aspek yuridis dan non yuridis. Adapun faktor yuridis yaitu dakwaan penuntut umum, alat bukti,pasal-pasal dalam kitab undang-undang hukum pidana, sedangkan faktor non yuridis yaitu latar belakang terdakwa, akibat perbuatan terdakwa, kondisi terdakwa. Kata Kunci: Tindak Pidana, Pencurian, Penerapan Sanksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:07
Last Modified: 12 Oct 2023 03:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31532

Actions (login required)

View Item View Item