PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PENYEBARAN NILAI KEARIFAN LOKAL BUDAYA PEPATAH-PETITIH MINANGKABAU (DI JORONG NAN IX SALIMPAUNG).

MASYHURAH, HAZHIYAH QISTHI (2023) PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PENYEBARAN NILAI KEARIFAN LOKAL BUDAYA PEPATAH-PETITIH MINANGKABAU (DI JORONG NAN IX SALIMPAUNG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800044_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800044_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)

Abstract

Pepatah-petitih merupakan alat satu bahasa lisan masyarakat minangkabau yang berisikan nasehat, sindiran, pandangan hidup atau pedoman hidup. Pepatah-petitih mempunyai makna tersendiri sebagai pegangan dalam menjalankan kehidupan, penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan bagaimana pemanfaatan Youtube sebagai media penyebaran pada nilai-nilai kearifan lokal di Jorong Nan IX Salimpaung. Penelitian ini bertujuan penelitian adalah untuk menggambarkan pemanfaatan Youtube sebagai media penyebaran nilai-nilai kearifan lokal budaya pepatah-petitih Minangkabau di Jorong Nan IX Salimpauang. Penelitian ini merupakan tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma Konstruktivisme.dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori new media, dan komunikasi antar budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan Youtube sebagai media penyebaran budaya pepatah-petitih belum terlalu efektif penyebarannya melalui Youtube. Sebab kebanyakan video di Youtube saat ini hanya memaparkan komunikasi pepata-petitih yang dilakukan, tanpa adanya arti dari penjelasan dari komunikasi yang dilakukan. Sehingga generasi muda kurang paham tentang pepatah-petitih yang ada di Youtube tersebut. Kata Kunci: Pepatah-petitih, Youtube, Kearifan Lokal, New Media, Komunikasi Antar Budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:05
Last Modified: 12 Oct 2023 03:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31529

Actions (login required)

View Item View Item