PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTO WESTERN FOOD BELLYWISE SMOKE HOUSE SEMARANG

Indrawan, Faruq (2023) PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTO WESTERN FOOD BELLYWISE SMOKE HOUSE SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800039_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800039_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konten media sosial instagram terhadap minat beli dan kepuasan konsumen pada Resto Western Food Bellywise Smoke House Semarang dalam meningkatkan dan mempertahankan jumlah konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang datang ke Resto Western Food Bellywise Smoke House Semarang. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan Probability Sampling dimana teknik tersebut memberikan peluang yang sama bagi populasi untuk terpilih menjadi sample, sampel penelitian ini sebanyak 100 pelanggan Resto Western Food Bellywise Smoke House Semarang. Hasil penelitian menunjukkan Resto western food Bellywise Smoke House Semarang lebih memfokuskan pemasarannya menggunakan media sosial, penggunaan media sosial dinilai sebagai strategi yang efektif karena media sosial juga dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan yang berdampak pada minat beli konsumen dan mendapatkan respons yang sangat baik dari konsumen dengan ditandai adanya pembelian berulang-ulang dari konsumen. Selain konten media sosial instagram mempengaruhi rasa minat beli konsumen, tercipta pula kepuasan konsumen dimana sebagai Resto yang menampilkan keunikan dan kreatifitasnya Bellywise Smoke House Semarang dituntut untuk membuat iklan yang dapat menggiring orang untuk membeli produk maupun jasa yang ditawarkan. Konten menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan, karena di era yang semakin maju ini banyak pesaing lain yang juga memperhatikan konten dari akun sosial media mereka agar bisa menarik konsumen. Mereka berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik dalam hal layanan pelanggan dan juga konten yang menarik. Nilai f Hitung sebesar 47.834 dengan tingkat signifikansinya 0.000 < 0.05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari variabel konten media sosial instagram terhadap minat beli. Pada Uji Signifikansi variabel konten media sosial instagram terhadap minat beli nilai t hitung sebesar 6.916 dimana t hitung (6.916) > t tabel (1.661) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel konten media sosial instagram (x) mempengaruhi variabel minat beli (Y1). Nilai f Hitung sebesar 8.306 dengan tingkat signifikansinya 0.005 < 0.05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari variabel konten media sosial instagram terhadap kepuasan konsumen. Pada Uji Signifikansi variabel konten media sosial instagram terhadap kepuasan konsumen nilai t hitung sebesar 2.882 dimana 2.882 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1.661, dimana t hitung (2.882) > t tabel (1.661) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel konten media sosial instagram (x) mempengaruhi variabel kepuasan konsumen (Y2). Kata Kunci : Konten Media Sosial, Minat Beli, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:48
Last Modified: 13 Oct 2023 02:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31527

Actions (login required)

View Item View Item