PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENIPUAN DALAM JUAL BELI KENDARAAN BERMOTOR MELALUI MEDIA ONLINE (Studi Kasus di Polda Jawa Tengah)

Fitrianto, Bayu Adi (2023) PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENIPUAN DALAM JUAL BELI KENDARAAN BERMOTOR MELALUI MEDIA ONLINE (Studi Kasus di Polda Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900071_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900071_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Bisnis secara online memang mempermudah para pelaku penipuan dalam melakukan aksinya. Penipuan dengan modus penjualan di via internet akhir-akhir ini, dengan mengklaim harga murah di pasaran sehingga membuat banyak orang tertarik untuk membelinya, meski sebagian penipuan bisnis online sudah terkuak, namun penindakan oknum tehadap tindakan tersebut banyak yang belum sampai ranah hukum. Ini disebabkan para korban penipuan online enggan untuk melaporkan kepada penegak hukum sedangkan tindak pidana penipuan dikategorikan sebagai delik biasa. Tetapi penegak hukum tetap tidak bisa brtindak kalua belum ada laporan dari korban, karena harus ditemukan alat bukti. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. yaitu suatu penelitian dimana penelitian tersebut menekankan pada ilmu hukum serta penelitian lapangan, tetapi disamping itu juga mengaitkan kaidah-kaidah hukum yang berlaku di dalam masyarakat. Spesifikasi penelitian hukum yang akan digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran (deskripsi), lengkap tentang keadaan hukum yang berlaku di tempat tertentu. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yaitu Penegakan hukum tindak pidana penipuan dalam jual-beli kendaraan bermotor melalui media online yaitu dengan cara melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan tugas dan kewajiban dari kepolisian itu sendiri salah satunya melakukan penyidikan. Penyidikan terhadap suatu tindak pidana penipuan dalam jual beli kendaraan bermotor melalui media online adalah serangkaian tindakan penyidik untuk mencari serta mengumpulkan bukti yang dengan bukti itu membuat terang tindak pidana yang terjadi dan guna menemukan tersangkanya dalam kasus penipuan tindak pidana penipuan dalam jual beli kendaraan bermotor melalui media online yaitu dengan cara penangkapan, penggeledahan, penahanan, penyitaan dan pemeriksaan surat sesuai ketentuan dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana. Kendala serta solusi dalam Penegakan Hukum Tindak Pidana Penipuan dalam Jual-Beli Kendaraan Bermotor melalui Media Online yaitu kendala yang terjadi Minimnya alat bukti yang dimiliki korban dalam melakukan transaksi online yang mana penjual tidak dikenal secara nyata. Sulitnya melacak pelaku kejahatan penipuan online dikarenakan pelaku biasanya akan menggunakan identitas yang palsu atau juga meminjam identitas orang lain, Sulitnya membuka rekening pelaku karena perijinan birokrasi bank, Kurang maksimalnya koordinasi pihak penyidik dengan operator selular ataupun internet service provider. Dengan berbagai macam kendala yang dihadapi pihak kepolisian Polda jateng mempunyai solusi yaitu berkerja sama dengan pihak pihak terkait seperti bank dan internet provider serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar berhati-hati dalam melakukan transasi jual beli kendaraan melalui media online.. Kata Kunci : Online; Penegakan Hukum; Penipuan; Kendaraan Bermotor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:45
Last Modified: 13 Oct 2023 02:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31522

Actions (login required)

View Item View Item