STUDI KOMPARASI CAPAIAN PEMBELAJARAN KITAB AMSTILATI DI PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH SUKOREJO KENDAL DAN PONDOK PESANTREN NURUL FALAH BAWANG BATANG

Nida, Milkhatun (2023) STUDI KOMPARASI CAPAIAN PEMBELAJARAN KITAB AMSTILATI DI PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH SUKOREJO KENDAL DAN PONDOK PESANTREN NURUL FALAH BAWANG BATANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100026_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100026_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang studi komparasi kesesuaian pembelajaran Amtsilati di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal dan Pondok Pesantren Nurul Falah Bawang Batang dengan pembelajaran Amtsilati di Pondok Pesantren Darul Falah Bangsri Jepara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perbedaan antara pembelajaran Amtsilati di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal dan Pondok Pesantren Nurul Falah Bawang Batang dan bagaimana tingkat pencapaian pembelajaran Amtsilati di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal dan Pondok Pesantren Nurul Falah Bawang Batang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai perbedaan pembelajaran Amtsilati di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal dan Pondok Pesantren Nurul Falah Bawang Batang dan bagaimana capaian pembelajaran Amstilati di Pondok Pesantren Darul Amanah dan Pondok Pesantren Nurul Falah Bawang Batang. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif komparatif. Metode ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara kedua pesantren tersebut dalam hal pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dimana dalam pelaksanaannya pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Amanah diselesaikan dalam waktu 3 tahun sedangkan Pondok Pesantren Nurul Falah Bawang diselesaikan dalam waktu 3 bulan dan evaluasi pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Amanah dilakukan 2 kali dalam bentuk tanya jawab dari akhir pembelajaran dan tes tertulis di akhir semester dengan standar kelulusan 7,0 sedangkan evaluasi pembelajaran di Pondok Pesantren Nurul Falah dilakukan 2 kali dalam bentuk tes praktek membaca kitab kuning dan tes tertulis di akhir bab per jilid. Dari adanya beberapa perbedaan diatas, ternyata menjadikan Pondok Pesantren Darul Amanah dan Pondok Pesantren Nurul Falah memiliki perbedaan pula dalam hasil capaian pembelajarannya. Dimana santri Pondok Pesantren Nurul Falah lebih mahir dalam membaca kitab dari pada santri Pondok Pesantren Darul Falah, karena hanya 45% santri Darul Amanah yang mampu membaca kitab kuning sesuai dengan kaidah nahwiyah dan shorfiyah, sedangkan 70% santri Nurul Falah mampu membca kitab kuning sesuai dengan kaidah nahwiyah dan shorfiyah. Kata kunci: Komparasi, Pembelajaran, Amtsilati

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:30
Last Modified: 11 Oct 2023 06:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31498

Actions (login required)

View Item View Item