ROHMAH, SITI NUR (2023) IMPLEMENTASI METODE QIRA’ATI DENGAN TEKNIK M3 (MANGAP, MERINGIS, MECUCU) DI PONDOK PESANTREN ZHILALUL QUR’AN KABUPATEN JEPARA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100023_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100023_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran Al-Qur‟an, sering kita jumpai banyak yang masih kurang tepat ketika pelafalan. Tamamul H{arakat atau sering disebut dengan penyempurnaan harakat merupakan salah satu solusi untuk memudahkan untuk pelafalan harakat. Dan salah satu metode yang menerapkan teknik tamamul h{arakat ini bisa kita jumpai di metode Qira‟ati. Namun dikalangan Qira‟ati sering juga disebut dengan M3 (Mangap, Meringis, Mecucu). Pembelajaran Al-Qur‟an sangat penting di era sekarang, melihat kondisi di era jaman sekarang yang semakin carut marut, karena lebih mementingkan hal-hal dunia dibandingkan hal-hal yang berkaitan dengan akhirat. Dalam mengajarkan Al-Qur‟an harus menggunakan metode yang pas dan tepat untuk diterapkan ke anak-anak. Contohnya menggunakan metode Qira‟ati. Metode Qira‟ti ini merupakan metode praktik untuk pembelajaran Al-Qur‟an, sehingga mudah diterima oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Apalagi di metode Qira‟ati ini menggunakan teknik M3 (Mangap, Meringis, Mecucu). Teknik M3 ini merupakan teknik untuk menyempurnakan harakat, sehingga harakat yang dilafalkan menjadi jelas dingerkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan metode Qira‟ati dengan teknik M3 (Mangap, Meringis, Mecucu) di Pondok Pesantren Zhilalul Qur‟an di kabupaten Jepara, mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Qira‟ati dengan teknik M3 (Mangap, Meringis, Mecucu) di Pondok Pesantren Zhilalul Qur‟an Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Dalam pelaksanaan metode Qira‟ati dengan teknik M3 menggunakan beberapa metode diantaranya, ngeloh, individual, istimra>r, dan tikra>r. 2) Faktor pendukung dari penerapan metode Qira‟ati dengan teknik M3 ini adalah kriteria guru yang harus memiliki syahadah Qira‟ati, faktor dari santri tersebut yang sudah memnuhi prinsip-prinsip dari Qira‟ati, faktor dari orang tua, dan faktor dari sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran. Faktor penghambatnya yaitu keterbatasan akan adanya ruang, sehingga pembelajaran kurang kondusif serta belum bisa konsisten dalam membuka mulut ketika membaca Al-Qur‟an. Kata Kunci : Implementasi, Teknik M3 (Mangap, Meringis, Mecucu), Metode Qira’ati
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 06:27 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 06:27 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31495 |
Actions (login required)
View Item |