PENGARUH HASIL BELAJAR MAḢFŪDẒĀT DAN KONSEP DIRI TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Darul Amanah Sukorejo Kendal)

Badriyah, Siti Laelatul (2023) PENGARUH HASIL BELAJAR MAḢFŪDẒĀT DAN KONSEP DIRI TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Darul Amanah Sukorejo Kendal). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100022_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100022_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah menguji hasil pembelajaran Maḣfūdẓāt,ketika siswa menghadapi suatu masalah, kata-kata mutiara (Maḣfūdẓāt) seringkali menjadi inspirasi dan jawaban atas masalah siswa, dan pengaruh dari bait-bait mutiara tersebut dapat mempengaruhi sikap siswa dalam berbagai kondisi diantaranya yaitu konsep diri dan religiulitas siswa. Hubungan antara konsep diri dan religiusitas sebenarnya sangat erat, penulis menduga siswa yang mengerti agama dan rajin melaksanakan agama dalam hidupnya, konsep diri yang dimiliki siswa tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Penulis berteori bahwa Religiusitas yang terbentuk baik bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Amanah Ngadiwarno Sukorejo Kendal dapat dipengaruhi dari hasil belajar Maḣfūdẓāt dan konsep diri yang terbentuk disekolah Madrasah Tsanawiyah Darul Amanah Ngadiwarno Sukorejo Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Sampel berjumlah 110 siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darul Amanah Ngadiwarno Sukorejo Kendal. Teknik pengambilan Sampel yang digunakan adalah proposive random sampling. Dalam penelitian ini instrument pengumpulan data yaitu library research, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara parsial hasil belajar Maḣfūdẓāt terhadap religiusitas siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darul Amanah Ngadiwarno Sukorejo Kendal dengan nilai signifikansi P-value variabel hasil belajar Maḣfūdẓāt sebesar 0,000 < 0,05, dan memberikan sumbangan efektif sebesar 64.8%. Ada pengaruh konsep diri terhadap religiusitas siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darul Amanah Ngadiwarno Sukorejo Kendal dengan nilai signifikansi P-Value variabel konsep diri sebesar 0,000 < 0,05 dan memberikan sumbangan efektif sebesar 24% serta ada pengaruh yang simultan hasil belajar Maḣfūdẓāt dan konsep diri terhadap religiusitas siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau p < 0,05, berdasarkan hasil penelitian koefisien determinasi diperoleh angka Adjusted R sebesar 0.86,7 atau 86,7% yang menunjukkan bahwa persentase sumbangan efektif pengaruh variabel independent (hubungan hasil belajar Maḣfūdẓāt dan konsep diri) terhadap variabel religiusitas siswa adalah sebesar 86,7 %. Sedangkan sisanya 13,3 % dipengaruhi variabel lain. Kata Kunci: Maḣfūdẓāt, konsep diri dan religiusitas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:25
Last Modified: 11 Oct 2023 06:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31493

Actions (login required)

View Item View Item