PERAN PIMPINAN PONDOK PESANTREN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI (Studi Pemikiran KH. Mas’ud Abdul Qodir di Pondok Pesantren Darul Amanah)

KHASAN, NUR (2023) PERAN PIMPINAN PONDOK PESANTREN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI (Studi Pemikiran KH. Mas’ud Abdul Qodir di Pondok Pesantren Darul Amanah). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100020_fullpdf.pdf

Download (783kB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100020_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Pimpinan pesantren memegang peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan Islam di pesantren. Pemimpin atau kiai merupakan unsur sentral dalam kehidupan sebuah pesantren, kiai tidak hanya menjadi penopang utama bagi kelangsungan sistem pendidikan pesantren, namun juga karena bentuk kiai mencerminkan nilai-nilai keimanan. kehidupan. di kalangan santri. Kedudukan dan pengaruh kiai terletak pada keutamaan kiai, yaitu penguasaan dan kedalaman ilmu agama. Kepemimpinan Kiai Pesantren diakui sangat efektif dalam meningkatkan citra Pesantren di masyarakat luas. Reputasi seorang pemimpin biasanya berbanding lurus dengan peran kiai, khususnya peran kiai pendiri pesantren. Pesantren membutuhkan kiai sebagai simbol kepemimpinan, dan kiai membutuhkan pesantren sebagai wadah penguatan jati diri sebagai pemimpin dan lembaga pendidikan agama Islam. Perlu adanya evaluasi atau peningkatan peran pengurus Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal untuk mengembangkan generasi penerus yang cerdas dan berakhlak mulia. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui peran pimpinan pondok pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal terhadap pembentukan karakter santri melalui pemikiran KH. Mas’ud Abdul Qodir. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran pimpinan pesantren terhadap pembentukan karakter santri? (2) Metode apa sajakah yang digunakan dalam pembentukan karakter santri dari Hasil Pemikiran KH. Mas’ud Abdul Qodir? Menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan informasi yang diperoleh dari subjek penelitian melalui metode wawancara, observasi dan dokumenter, yang kemudian dianalisis dengan cara mendeskripsikan informasi informan, reduksi data, setelah itu penulis menganalisis dan membuat keputusan. untuk menjawab pertanyaan itu. Pertanyaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pembentukan karakter santri di pondok pesantren Darul Amanah yaitu, dengan melatih kediplinan, tanggung jawab, Berakhlakul Karimah serta kemandirian yang dilaksanakan didalam maupun diluar kelas. (2) Metode-metode hasil pemikiran yang digunakan yaitu metode pembiasaan, menghafal, dan Hukuman . Kata Kunci : Peran Pimpinan Pesantren, Pembentukan Karakter Santri, dan Pemikiran KH. Mas’ud Abdul Qodir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:23
Last Modified: 11 Oct 2023 06:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31491

Actions (login required)

View Item View Item