IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUFRADĀT AṢ-ṢABĀḤ DURŪS AL-LUGAH AL-’ARABIYYAH DAN PSIKOLOGI BAHASA DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MUḤĀDAṠAḤ PADA SISWA KELAS X DI MA DARUL AMANAH KABUNAN NGADIWARNO SUKOREJO KENDAL

Musta’in, Musta’in (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUFRADĀT AṢ-ṢABĀḤ DURŪS AL-LUGAH AL-’ARABIYYAH DAN PSIKOLOGI BAHASA DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MUḤĀDAṠAḤ PADA SISWA KELAS X DI MA DARUL AMANAH KABUNAN NGADIWARNO SUKOREJO KENDAL. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100018_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui bagaimanakah pelaksanaan kegiatan pembelajaran Mufradāt aṣ-ṣabāḥ durūs al-lugah al-`arabiyyah di MA Darul Amanah, Kabunan, Ngadiwarno, Sukorejo, Kendal. Mengetahui bagaimanakah kemampuan Muḥādaṡaḥ siswa kelas X di MA Darul Amanah, Kabunan, Ngadiwarno, Sukorejo, Kendal. Kajian ini menginvestigasi bagaimana pembelajaran bahasa dan penerapan prinsip-prinsip psikologi bahasa dapat meningkatkan kemampuan berbicara individu. Kajian ini menyoroti pentingnya penggunaan metode pembelajaran yang berbasis bukti dan prinsip-prinsip psikologi bahasa dalam meningkatkan kemampuan berbicara, dengan mempertimbangkan aspek sosial dan emosional dalam komunikasi. Mengetahui ada tidaknya hubungan kegiatan pembelajaran Mufradāt aṣ-ṣabāḥ durūs al-lugah al-`arabiyyah dan Psikologi Bahasa dengan kemampuan Muḥādaṡaḥ siswa kelas X di MA Darul Amanah, Kabunan, Ngadiwarno, Sukorejo, Kendal Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif inferensial. Adapun analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu analisis pendahuluan dengan mencari validitas dan realibilitas data, kemudian analisis uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan koefisien product moment dan analisis tindak lanjut dengan membandingkan koefisien product moment dengan nilai r tabel. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode tes dan metode angket serta observasi. Metode test digunakan untuk mengumpulkan data tentang variabel X1, yaitu pembelajaran Mufradāt aṣ-ṣabāḥ durūs al-lugah al-`arabiyyah, dan metode angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang variabel X2, yaitu Psikologi Bahasa serta metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang variabel Y, yaitu kemampuan Muḥādaṡaḥ siswa kelas X. Data tersebut diperoleh dari populasi kelas X yaitu 182 siswa, yang mana diambil sampel sejumlah 18 sampel penelitian, kemudian dianalisis dengan statistik inferensial yaitu menggunakan rumus korelasi product moment untuk mencari ada tidaknya hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan kegiatan pembelajaran Mufradāt aṣ-ṣabāḥ durūs al-lugah al`arabiyyah memiliki nilai yang cukup baik, dengan nilai rata-rata (mean) 64 yang terletak pada interval 58-66 yaitu interval ke-3, dan Psikologi Bahasa memiliki nilai yang cukup baik, dengan nilai rata-rata (mean) 64 yang terletak pada interval 61-70 yaitu interval ke-3 Kemampuan Muḥādaṡaḥ siswa kelas X di MA Darul Amanah dengan nilai rata-rata (mean) 66 yang terletak pada interval ke-3. Hal ini menunjukkan kemampuan Muḥādaṡaḥ siswa adalah cukup baik. Jadi, kemampuan Muḥādaṡaḥ bahasa arab siswa kelas X di MA Darul Amanah mempunyai kemampuan yang cukup baik dalam Muḥādaṡaḥ. Koefisien product moment ( xyr ) dari hasil perhitungan dengan menggunakan program aplikasi SPSS adalah 0,976 dan jika dikonsultasikan dengan tabel nilai-nilai r product moment pada N = 18 dalam taraf signifikansi 5% menunjukkan angka 0,468, dan pada taraf signifikansi 1% menunjukkan angka 0,590. Koefisien korelasi product moment ( xyr ) jika dibandingkan dengan dengan r tabel, menunjukkan bahwa nilai ( xyr ) lebih besar daripada r tabel pada taraf signifikansi 5%. Dari hal ini, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kegiatan pembelajaran Mufradāt aṣ-ṣabāḥ durūs al-lugah al-`arabiyyah dengan peningkatan kemampuan Muḥādaṡaḥ. Kata kunci: pembelajaran Mufradāt aṣ-ṣabāḥ, Psikologi Bahasa, durūs al-lugah al`arabiyyah dan kemampuan Muḥādaṡaḥ

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:16
Last Modified: 11 Oct 2023 06:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31486

Actions (login required)

View Item View Item