MANAJEMEN PENGELOLAAN PENDIDIKAN BERBASIS KEDISIPLINAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal)

Sa’diyah, Millatus (2023) MANAJEMEN PENGELOLAAN PENDIDIKAN BERBASIS KEDISIPLINAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100015_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100015_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Pondok pesantren selain memiliki keunikan, kekhasan dan tradisi ternyata memiliki peranan yang sangat besar dalam bidang pendidikan khususnya dalam membentuk perilaku dan karakter santrinya ke arah akhlakul karimah. Namun, perilaku yang baik tidak semua terintegrasi pada diri santri Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal dalam setiap pergaulan di pesantren, ada terjadi kenakalan sesama santri dan cenderung egois, seperti mengatur, menang sendiri, kurang disiplin dan sebagainya. Pendidikan berbasis kedisiplinan menjadi hal penting dalam mebentuk karakter santri, menjadikan perilaku seorang individu atau kelompok akan lebih serasi, selaras, dan seimbang dengan tuntunan ketentuan yang berlaku sehingga dapat menunjang terwujudnya kualitas hidup yang lebih bermakna. Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pendidikan berbasis kedisiplinan untuk membangun karakter santri di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal disusun melalui rapat dan diskusi setiap stake holder yaitu dewan asatid, dewan pengsuhan dan pengurus yang ada di pesantren kemudian melalui rapat kerja yang pada akhir putusan di putuskan oleh pengasuh dan direktur. Perencanaan dirancang kegiatan harian, program jangka pendek, program tahunan dan program jangka panjang, mulau dari mengelola kegiatan pembelajaran, membuat tata tertib, mengelola santri bermasalah, sampai kehidupan kegiatan-kegiatan santri selama 24 jam. 2) Pelaksanaan pendidikan berbasis kedisiplinan untuk membangun karakter santri dilakukan dengan mengapliksikan berbagai peraturan yang telah di atur dalam tata tertib dalam kehidupan sehari-hari santri dengan menekankan santri untuk menghargai waktu dan bisa memanfaatkan waktu yang sebaik-baiknya. Mulai dari aturan belajar, cara berpakaian siswa, etika siswa terhadap guru, etika siswa dengan sesama temannya, kebersihan, kegiatan ekstra dan aturan kehidupan santri selam 24 jam. 3) Evaluasi pelaksanaan pendidikan berbasis kedisiplinan untuk membangun karakter santri dilakukan dengan memantau kedisiplinan dari santri dalam mengikuti program pesantren yang telah ditetapkan, bagi santri yang taat peraturan dan disiplin menjalankan aturan akan mendaptkan reward dari pesantren dan pemberian sanksi bagi yang tidak disiplin. Kata kunci: Pendidikan, Berbasis Kedisiplinan, Membangun Karakter Santri

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:13
Last Modified: 11 Oct 2023 06:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31483

Actions (login required)

View Item View Item