KHIDMAT KH MAIMOEN ZUBAIR SEBAGAI TOLOK UKUR KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Ardiansah, Dimas Nuri (2023) KHIDMAT KH MAIMOEN ZUBAIR SEBAGAI TOLOK UKUR KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100008_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100008_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam sistem pendidikan, terutama dalam proses belajar-mengajar. Guru berperan sebagai penyampai informasi, fasilitator, penggerak, pembimbing, penilai, motivator, dan teladan bagi siswa. Guru bertanggung jawab dalam membentuk dan mengembangkan potensi siswa dari segi akademik, sosial, emosional, dan keterampilan hidup. maka guru harus memiliki kompetensi yang baik dalam bidang pengetahuan, pengajaran, evaluasi, dan manajemen kelas. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam menyampaikan pengajaran dan pemahaman agama Islam kepada siswa. sehingga harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang agama Islam, serta keterampilan pengajaran yang efektif dan relevan dengan kebutuhan siswa Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dan mengetahui 1) Mengetahui apa saja Ragam Khidmat KH Maimoen Zubair Sebagai Tolok Ukur Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam 2) Mengetahui relevansi kekhidmatan KH Maimoen Zubair Sebagai Tolok Ukur Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penggalian data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa 1) Ragam Khidmat KH Maimoen Zubair Sebagai Tolok Ukur Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam meliputi tiga hal yaitu a) Khidmat KH Maimoen Zubair Kepada Ilmu dan Sebagai Pendidik. b) Khidmat KH Maimoen Zubair Sebagai Tokoh Masyarakat. c) Khidmat KH Maimoen Zubair Sebagai Tokoh Bangsa. Adapun Hasil yang ke 2) relevansi kekhidmatan KH Maimoen Zubair Sebagai Tolok Ukur Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Meliputi beberapa hal yaitu: a) KH Maimoen Zubair memiliki kompetensi yang tinggi dibidang ilmu pendidikan agama Islam. b) Kompetensi guru pendidikan agama Islam yang merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. c) Korelasi antara khidmat KH Maimoen Zubair dan kompetensi guru pendidikan agama Islam bahwa khidmat KH Maimoen Zubair dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi guru pendidikan agama Islam guna meningkatkan kompetensi mereka dalam berbagai aspek. Khidmat KH Maimoen Zubair dapat menjadi stimulan bagi guru pendidikan agama Islam untuk semangat dalam mengabdikan diri kepada ilmu, Allah SWT, dan makhluk. Khidmat KH Maimoen Zubair dapat menjadi tantangan dan peluang bagi guru pendidikan agama Islam untuk meneladani dan mencontoh sikap dan perilaku beliau sebagai seorang ulama sekaligus tokoh bangsa yang berwawasan luas. d) Kompilasi khidmat KH Maimoen Zubair dapat menjadi tolok ukur kompetensi guru PAI karena beliau menunjukkan contoh nyata dari kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru. Beliau menunjukkan contoh nyata dari kontribusi yang dapat diberikan oleh setiap guru bagi kemajuan ilmu, agama, bangsa, dan umat. Kata kunci: Khidmat KH Maimoen Zubair, Kompetensi Guru PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:11
Last Modified: 11 Oct 2023 06:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31481

Actions (login required)

View Item View Item