KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKUKAN SUPERVISI AKADEMIK GUNA MENINGKATKAN KINERJA GURU PAI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA (Studi Kasus SD Negeri Kuningan 01 dan SD Negeri Purwosari 01)

Arsya, Ahmad (2023) KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKUKAN SUPERVISI AKADEMIK GUNA MENINGKATKAN KINERJA GURU PAI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA (Studi Kasus SD Negeri Kuningan 01 dan SD Negeri Purwosari 01). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100002_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100002_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)

Abstract

Guru merupakan seorang pengajar atau pendidik yang memiliki keahlian dan wawasan dalam suatu bidang tertentu, serta bertanggung jawab dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada murid atau siswa. Seorang guru bertindak sebagai fasilitator untuk pembelajaran dengan menyusun dan merancang rencana pembelajaran untuk menjadikan lingkungan pembelajaran yang kondusif dengan menggunakan berbagai metode pengajaran, teknik, dan strategi yang sesuai dengan kebutuhan siswa untuk mencapai potensi maksimal mereka. Peran seorang guru sangat penting dalam konteks pendidikan. Jenis dan Pendekatan Penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hasil lapangan (field research). Dalam penelitian ini, selanjutnya akan didiskripsikan secara sistematis tentang Kompetensi Kepala Sekolah dalam Melakukan Sepervisi Akademik guna Meningkatkan Kinerja Guru PAI di Kecamatan Semarang Utara. (Studi Kasus SD Negeri Kuningan 01 dan SD Negeri Purwosari 01). Kompetensi kepala sekolah adalah kualifikasi kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pemimpin di lembaga pendidikan. Kompetensi kepala sekolah mencakup beberapa aspek yaitu: Kompetensi Kepribadian, Manajerial, Kewirausahaan, Supervisi dan Sosial. Adapun Kompetensi yang dimaksud adalah Kompetensi Supervisi akademik. Supervisi merupakan kegiatan membantu guru meningkatkan kemampuan mengelola pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti melihat 5 (lima) hal yang menjadi pokok implementasi dalam supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu:1). Perencanaan. 2). Pelaksanaan. 3). Tindak Lanjut. 4). Kesulitan yang dihadapi oleh Kepala 5). Upaya yang dilakukan kepala sekolah kinerja guru PAI dapat dinilai dari beberapa aspek, seperti kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Kinerja guru PAI SD N Kuningan 01 dan SD N Purwosari 01 dilihat dari hasil supervisi yang dilakukan SD N Kuningan 01 semarang utara sejauh ini lebih maksimal. SD N Purwosari 01 cenderung belum begitu maksimal dilihat dari bagaimana penerapan supervisi akademik yang belum sesuai dengan perencanaan dan tujuan dari diadakanya supervisi akademik. Kinerja guru PAI kedua sekolah tersebut secara keseluruhan kinerja guru PAI sudah berjalan dan terlaksana dengan baik serta maksimal meskipun perlu adanya pengawasan serta pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah guna mengontrol kinerja PAI. Kata Kunci: Kompetensi kepala sekolah, supervisi akademik, kinerja guru PAI

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:06
Last Modified: 11 Oct 2023 06:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31473

Actions (login required)

View Item View Item