PERLINDUNGAN KONSUMEN AKIBAT FORCE MAJEURE ATAS KLAIM ASURANSI TERHADAP BARANG-BARANG YANG DIKIRIMKAN MELALUI EKSPEDISI PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) DI SEMARANG

Siregar, Afifah Khairani (2023) PERLINDUNGAN KONSUMEN AKIBAT FORCE MAJEURE ATAS KLAIM ASURANSI TERHADAP BARANG-BARANG YANG DIKIRIMKAN MELALUI EKSPEDISI PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900013_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900013_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)

Abstract

Perlindungan konsumen merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kemajuan teknologi yang mengubah masyarakat dalam kegiatan bisnis yang sehat termasuk bisnis dalam ekspedisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan konsumen akibat force majeure atas klaim asuransi terhadap barangbarang yang dikirimkan melalui ekspedisi PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di Semarang, mendeskripsikan pertanggungjawaban yang diberikan perusahaan ekspedisi PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir dalam mengatasi adanya kerugian jika disebabkan oleh force majeure, serta proses penyelesaian klaim asuransi oleh konsumen jika barang-barang yang dikirimkan melalui ekspedisi mengalami force majeure. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian menggunakan deskriptif-analisis. Sumber data penelitian menggunakan data primer berupa wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur dengan HRD di PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlindungan konsumen akibat force majeure atas klaim asuransi terhadap barang-barang yang dikirimkan melalui ekspedisi PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di Semarang memiliki batasan. Meskipun JNE memiliki tanggung jawab untuk melindungi konsumen dalam melakukan pengiriman barang, namun risiko dalam pengiriman tidak dapat dihilangkan sepenuhnya. Dalam situasi force majeure, JNE tidak dapat bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi, dan konsumen perlu memahami prosedur klaim asuransi, mengambil langkah-langkah pencegahan, dan mempertimbangkan opsi perlindungan tambahan. JNE berusaha memberikan informasi tentang force majeure kepada konsumen, namun, penting bagi konsumen untuk memahami ketentuan yang ada pada Syarat Standar Pengirman dan melindungi barang dengan asuransi atau pengemasan yang sesuai. Pengajuan klaim asuransi melibatkan bukti resi pengiriman dan identitas pribadi, JNE dalam hal penyelesaian klain asuransi akan melakukan upaya mediasi jika disebabkan oleh force majeure. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Force Majuere, Klaim Asuransi, Pengiriman Barang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:27
Last Modified: 11 Oct 2023 04:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31470

Actions (login required)

View Item View Item