TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENGEROYOKAN YANG MENGAKIBATKAN SEORANG LUKA-LUKA (Studi Kasus Perkara Nomor 85/Pid.B/2022/PN.Bnr)

Kurniawan, Ade (2023) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENGEROYOKAN YANG MENGAKIBATKAN SEORANG LUKA-LUKA (Studi Kasus Perkara Nomor 85/Pid.B/2022/PN.Bnr). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900010_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900010_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)

Abstract

Tidak pidana pengeroyokan merupakan perbuatan yang dilakukan dengan terang-terangan dan secara bersama-sama dengan tujuan untuk menimbulkan rasa sakit maupun rasa trauma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan yuridis terhdap tindak pidana pengeroyokan yang mengakibatkan seorang lukaluka, pertimbangan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Banjarnegara dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana peneroyokan yang mengakibatkan seorang luka-luka. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif yaitu dengan menekankan penelitian yang dilakukan dengan cara menelii bahan pustaka atau bahan sekunder belaka. Data sekunder diperoleh dari buku-buku, dokumen, jurnal, atau sumber lain yang berdasarkan kekuatan mengikatnya secara hukum. Majelis Hakim Pengadilan Negeri Banjarnegara yang menangani dan memeriksa serta mengadili perkara pidana No.85/Pid.B/2022/PN.Bnr menyatakan bahwa Para Terdakwa dinyatakan bersalah secara sah dan meyakinkan melanggar sesuai dakwaan tunggal Pasal 170 ayat (2) ke-1 KUHP dengan hukuman masingmasing Terdakwa dipidana penjara selama 6 (enam) bulan, karena perbuatan tindak pidana yang telah dilakukan oleh Para Terdakwa dapat memenuhi unsur Pasal 170 ayat (2) ke-1 KUHP. Pertimbangan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Banjarnegara dalam menjauhkan pidana kepada Para Terdakwa didasari pada unsur yang bersifat obyektif dan subyektif serta hal-hal yang memberatkan dan meringankan. Pertimbangan yang bersifat obyektif didasarkan pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang terdiri dari Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), Undang-Undang No. 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana, UndangUndang No. 2 Tahun 1986 jo Undang-Undang No. 8 Tahun 2004 tentang Peradilan Umum, Undang-Undang No. 4 Tahun 2004 tentang Kekuasaan Kehakiman. Pertimbangan yang bersifat subyektif didasarkan pad keyakinan diri Hakim tersebut yang mengadili dan memutus suatu perkara terhadap Para Terdakwa. Kata Kunci: Tinjauan Yuridis; Tindak Pidana; Pengeroyokan; Luka-luka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:25
Last Modified: 11 Oct 2023 04:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31468

Actions (login required)

View Item View Item