TINJAUAN TERHADAP PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN SERTIPIKAT (Studi di BTM Pekalongan KC Kajen)

Renjana, Abhinaya Rai (2023) TINJAUAN TERHADAP PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN SERTIPIKAT (Studi di BTM Pekalongan KC Kajen). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900007_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900007_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Tinjauan Terhadap Penyelesaian Wanprestasi Dalam Perjanjian Kredit Dengan Jaminan Sertipikat (Studi Di Btm Pekalongan Kc Kajen)” ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Bentuk wanprestasi yang dilakukan debitur pada kredit dengan jaminan sertipikat di BTM Pekalongan KC Kajen; 2. Tanggung jawab dan cara penyelesaian debitur wanprestasi pada perjanjian kredit dengan jaminan sertipikat di BTM Pekalongan KC Kajen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Yuridis digunakan untuk menganalisa berbagai peraturan perundang-undangan yang terkait dengan penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian kredit dengan jaminan sertipikat. Sedangkan sosiologis digunakan untuk menganalisa bekerjanya berbagai macam peraturan undang-undang tentang perjanjian kredit dengan jaminan sertipikat di dalam BTM Pekalongan KC Kajen. Hasil dari penelitian ini menyatakan Wanprestasi yang terjadi di BTM Pekalongan KC Kajen terjadi karena debitur menyalahgunakan kredit yang diberikan oleh kreditur sehingga terjadi keterlambatan pembayaran sesuai dengan janji yang telah disepakati, tanggung jawab dan cara penyelesaian oleh debitur wanprestasi adalah penyelesaian kewajiban dilakukan setelah terbitnya surat somasi kedua. Penyelesaian wanprestasi pada kasus di BTM menggunakan Musyawarah mufakat. Kata Kunci: Wanprestasi, Perjanjian Kredit, Jaminan Sertipikat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:23
Last Modified: 11 Oct 2023 04:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31466

Actions (login required)

View Item View Item