IMPLEMENTASI KURIKULUM STUDI AGAMA ISLAM B.E.2546 (REVISI B.E.2555) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MAHAD MISBAHUDDIN, NAKHON SI THAMMARAT, THAILAND

Binlasoy, Thanutchai (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM STUDI AGAMA ISLAM B.E.2546 (REVISI B.E.2555) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MAHAD MISBAHUDDIN, NAKHON SI THAMMARAT, THAILAND. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900141_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900141_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Kurikulum Studi Agama Islam (KSAI) dan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Mahad Misbahuddin di Nakhon Si Thammarat, Thailand. Kajian ini berupaya untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pengalaman dan perspektif guru dan siswa terkait penerapan KSAI pada mata pelajaran PAI di sekolah tersebut. Data akan dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru dan siswa, observasi kegiatan belajar mengajar di kelas, dan analisis dokumen materi kurikulum. Para peserta akan dipilih secara purposive dari Sekolah Mahad Misbahuddin. Temuan penelitian akan memberikan gambaran tentang efektifitas KSAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran mata pelajaran PAI di Sekolah Mahad Misbahuddin. Studi ini juga akan menyoroti tantangan dan peluang yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam mengimplementasikan KSAI. Hasil penelitian akan menginformasikan rekomendasi untuk meningkatkan implementasi KSAI pada mata pelajaran PAI dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah Islam di Nakhon Si Thammarat, Thailand. Dalam proses pelaksanaan KSAI dapat disimpulkan bahwa Sekolah Mahad Misbahuddin telah menerapkan KSAI dalam pembelajaran, menyesuaikan kurikulum dengan kondisi dan situasi siswa sehingga siswa dapat menerapkan ilmu yang didapat dalam kehidupan nyata namun kemampuan guru PAI untuk memahami kurikulum terbatas. Guru menghadapi berbagai kendala seperti keterbatasan dan ketidakmampuan dalam mengelola kelasnya, siswa bosan dengan metode pembelajaran yang digunakan guru, guru kurang memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menggunakan berbagai bahan pembelajaran. Mengenai kualitas pembelajaran pada mata pelajaran PAI Sekolah Mahad Misbahuddin dapat disimpulkan dari beberapa indikator seperti komponen proses pembelajaran, meliputi perencanaan, proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Kata kunci: implementasi; kurikulum; kualitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:22
Last Modified: 11 Oct 2023 04:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31464

Actions (login required)

View Item View Item