Perlindungan Hukum Bagi Kreditor Terhadap Pelaksanaan Perjanjian Kredit Dengan Jaminan Fidusia (Studi Pada KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Kota Semarang)

Hikmah, Nurul (2023) Perlindungan Hukum Bagi Kreditor Terhadap Pelaksanaan Perjanjian Kredit Dengan Jaminan Fidusia (Studi Pada KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301800466_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301800466_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)

Abstract

Pelaksanaan jaminan, tentu kita mengenal lembaga jaminan fidusia. Fidusia merupakan jaminan kebendaan bergerak yang dilakukan dengan penyerahan hak milik atas suatu benda bergerak atas dasar kepercayaan, dimana benda-benda bergerak tersebut merupakan kepunyaan debitor dan penguasaan fisik atas benda-benda tersebut tetap ada pada debitor. Maka diperlukan suatu perlindungan hukum bagi kreditor terhadap pelaksanaan jaminan fidusia. Oleh karena itu, penulis mengupasnya dalam penulisan skripsi ini dengan judul “Perlindungan Hukum Bagi Kreditor Terhadap Pelaksanaan Perjanjian Kredit Dengan Jaminan Fidusia (Studi Pada KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Kota Semarang)”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian kredit dengan jaminan fidusia di KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Kota Semarang. Serta untuk mengetahui apa saja hambatan yang timbul dalam pelaksanaan perjanjian kredit dengan jaminan fidusia dan solusinya di KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Kota Semarang, dan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap pelaksanaan kreditor dengan jaminan fidusia pada KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Kota Semarang. Metode penelitian dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode pendekatan Yuridis Sosiologis serta spesifikasi penelitian secara Deskriptif Analitis dengan jenis data berdasarkan data primer dan data sekunder yang berdasarkan hasil Observasi dan Wawancara serta kajian Perundang-Undangan dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan objek penelitian. Sehingga menghasilkan metode analisis data secara kualitatif. Hasil penelitiannya adalah ,Pelaksanaan fidusia di KSPPS NUSA UMMAT SEJAHTERA Kota Semarang Cabang Genuk dilakukan melalui penilaian yang sesame terhadap watak, kemampuan, modal, agunan dan prospek usaha dari debitor, dan membuat akta jaminan fidusia, kemudian pihak koperasi meminta agar obyek jaminannya diasuransikan terlebih dahulu, dimana dalam asuransi ini belom ditegaskan didalam Undang-undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia. Peran asuransi sangat penting, karena bertujuan untuk mengurangi/menanggulangi resiko akan cacat objek jaminan fidusia dikemudian hari dan memberikan perlindungan kepada objek jaminan fidusia dari resiko sehingga nantinya juga akan memberikan perlindungan bagi kreditor akan pengembalian piutang yang diberikan, selain itu juga, bukti kepemilikan atas obyek jaminan fidusia harus diserahkan kepada kreditor. Adapun tindakan yang dapat diambil kreditor apabila debitor wanprestasi diantaranya adalah mengeluarkan surat panggilan I,II,III kemudian surat teguran I,II,III . Kata kunci: perlindungan hukum, kreditor, dan jaminan fidusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:20
Last Modified: 11 Oct 2023 04:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31462

Actions (login required)

View Item View Item