IMPLEMENTASI METODE MURAJ ’AH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG DEMAK

Mutmainnah, Mutmainnah (2023) IMPLEMENTASI METODE MURAJ ’AH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG DEMAK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900091_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900091_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)

Abstract

Dengan sering mengulang hafalan Al-Qur‟an, maka kualitas dan kelancaran hafalan Al-Qur‟an akan semakin baik. Namun kenyataannya, sering ditemukan dalam majlis-majlis sima‟an Al-Qur‟an dimana terdapat beberapa hafiẓ Quran yang masih terdapat kesalahan dalam murāja’ah hafalan Al-Qur‟an. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi metode murāja’ah di Pondok Pesantren Nahdlatusy Syubban Sayung Demak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif deskriptif dengan melibatkan ustadzah dan santri di Pondok Pesantren Nahdlatusy Syubban. Selanjutnya, data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program murāja’ah di Pondok Pesantren Nahdlatusy Syubbandilakukan dengan adanya bimbingan dari ustadzah. Dimana semua santri diminta untuk berkumpul dalam satu majlis, kemudian ustadzah memberikan arahan terkait kegiatan murāja’ah yang akan dilakukan. Dalam pelaksanaannya, kegiatan murāja’ah dilakukan dengan dua cara yaitu kegiatan murāja’ah formal dan non formal. Kegiatan murāja’ah formal dilakukan pada siang hari senin, rabu, kamis dan sabtu pada pukul 18.00 WIB serta siang hari selasa, rabu, jum‟at dan minggu pada pukul 10.00 WIB dengan menyetorkan murāja’ah hafalan kepada ustadzah. Sedangkan kegiatan murāja’ah non formal dilakukan dengan murāja’ah estafet setiap malam minggu dan minggu pagi, murāja’ah berpasangan setiap selasa pagi dan murāja’ah mandiri setiap jum‟at pagi dengan melakukan sima’an hafalan bersama santri lainnya. Untuk mengetahui tingkat kualitas hafalan Al-Qur‟an santri, di Pondok Pesantren Nahdlatusy Syubban melakukan evaluasi kegiatan murāja’ah dengan melakukan sima’an Al-Qur‟an setiap bulan Rabi‟ul Awwal sebanyak hafalan yang sudah dicapai oleh setiap santri. Adapun saran yang dapat penulis berikan yaitu hendaknya santri dapat memanfaatkan kegiatan terebut agar dapat mencapai hasil yang maksimal yaitu tidak hanya selesai hafalan tetapi juga memiliki kualitas hafalan Al-Qur‟an yang baik. Kata kunci: implementasi, metode murāja’ah, kualitas hafalan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:57
Last Modified: 11 Oct 2023 03:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31441

Actions (login required)

View Item View Item