PERAN KEPOLISIAN DALAM PELAKSANAAN DIVERSI TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM (Studi Kasus di POLRESTABES Semarang)

Pranata, Nova Dewi (2022) PERAN KEPOLISIAN DALAM PELAKSANAAN DIVERSI TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM (Studi Kasus di POLRESTABES Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301800297_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301800297_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Seorang anak memiliki potensi mengenai nasib manusia di hari mendatang, merekalah yang akan ikut berperan menentukan sejarah bangsa sekaligus cermin sikap hidup bangsa pada masa mendatang. Berdasarkan tugas polisi di atas, diketahui bahwa tugas polisi menyangkut hal yang luas, akan tetapi pada umumnya menyangkut tugas menciptakan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat, sedangkan tugas sebagai penegak hukum hanyalah salah satu tugas saja dari beberapa tugas yang harus dilaksanakan oleh Kepolisian Republik Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penanganan perkara anak yang dilakukan oleh Kepolisian Resor Kota Besar Semarang serta untuk mengetahui kendala dan upaya dalam penanganan perkara anak yang dilakukan oleh Kepolisian Resor Kota Besar Semarang Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. yaitu suatu penelitian dimana penelitian tersebut menekankan pada ilmu hukum serta penelitian lapangan, tetapi disamping itu juga mengaitkan kaidah-kaidah hukum yang berlaku di dalam masyarakat. Spesifikasi penelitian hukum yang akan digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran (deskripsi), lengkap tentang keadaan hukum yang berlaku di tempat tertentu. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yaitu Penanganan perkara anak yang melakukan tindak pidana di Polrestabes Semarang dilakukan dengan mementingkan hak-hak anak, pada saat proses penyidikan Kepolisian Polrestabes Semarang selalu pengupayaan diversi dalam tahap penyidikan. Upaya pihak kepolisian dalam melakukan Diversi terhadap perkara tindak pidana yang dilakukan oleh anak wilayah hukum Polrestabes Kota Semarang sudah dilaksanakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Sistem Peradilan Pidana Anak. Kendala dan solusi dalam penanganan perkara anak yang dilakukan oleh Kepolisian Resor Kota Besar Semarang yaitu terdapat kendala internal dimana Kendala Internal terdapat keterbatasan jumlah penyidik anak, terdapat beberapa penyidik yang latar belakang pendidikannya kurang memahami tentang perlindungan anak dan keterbatasan sarana prasarana. Sedangkan kendala eksternal yaitu kurangnya pemahaman masyarakat akan hukum peradilan pidana anak, terbatasnya waktu penyidikan anak serta pelaku dimana pelaku merasa takut untuk memberikan keterangan terkait dengan tindak pidana yang dilakukan. Sedangkan upaya untuk mengatasi Hambatan-Hambatan Dalam penanganan perkara anak yang dilakukan oleh Kepolisian Resor Kota Besar Semarang yaitu adanya kordinasi antar unit dalam satreskrim, solusi untuk prasarana adalah dengan adanya rencana pemindahan ruangan UPPA menjadi ruangan tersendiri yang terpisah dari gedung Satreskrim. Kata Kunci :Anak yang berhadapan dengan hukum, Diversi, Kepolisian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:36
Last Modified: 11 Oct 2023 03:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31437

Actions (login required)

View Item View Item