PERLINDUNGAN HUKUM BAGI DRIVER TERHADAP PEMBATALAN PESANAN MAKANAN OLEH KONSUMEN DENGAN SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY MELALUI SHOPEE FOOD

Wardhana, Maora Karin Eka (2022) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI DRIVER TERHADAP PEMBATALAN PESANAN MAKANAN OLEH KONSUMEN DENGAN SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY MELALUI SHOPEE FOOD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301800219_fullpdf.pdf

Download (832kB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301800219_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hukum dan akibat hukum yang timbul atas pembatalan pembelian makanan secara sepihak oleh konsumen melalui layanan ShopeeFood. Spesifikasi penelitain menggunakan deskriptif analisis. Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian kualitatif, yaitu dalam bentuk deskriptif. Sedangkan metode pendekatan dalam penelitian ini menggunakan yuridis sosiologis atau penelitian hukum sosiologis yakni penelitian yang diperoleh dari pengetahuan secara empiris atau dengan cara turun langsung dengan objeknya. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer sebagai data utama, data sekunder sebagai data pelengkap. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara wawancara dan studi dokumen maupun studi kepustakaan. Hasil dari pembahasan dari penelitian ini bahwa jika konsumen membatalkan pesanan makanan melalui Shopee Food secara sepihak maka driver berhak untuk menuntut konsumen untuk mengganti kerugian sebagaimana diatur dalam Pasal 1243 KUHPerdata. Akibat hukum yang timbul atas pembatalan pesanan makanan secara sepihak oleh konsumen akan mendapatkan akibat hukum atas perbuatannya dan dari penyedia layanan aplikasi Shopee berupa sanksi yaitu konsumen mengganti kerugian materi dalam bentuk uang yang dialami driver online dan akun aplikasi Shopee dari konsumen akan di suspensi (penangguhan) akun. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Pembatalan Order secara Sepihak, Pengemudi Online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:33
Last Modified: 11 Oct 2023 03:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31434

Actions (login required)

View Item View Item