Muthohar, Muhammad Abdul (2023) UPAYA GURU PAI DALAM MENDISIPLINKAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900078_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900078_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam mendisiplinkan siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Semarang Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasi data dalam penelitian ini adalah uji validitas menggunakan metode triangulasi teknik dengan kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik kelas VIII. Berdasarkan analisis data, menjelaskan bahwa kedisiplinan di SMP Negeri 3 Semarang sudah terlaksana dengan baik dan bersinergi, baik kedisiplinan belajar yakni suatu sikap yang menunjukkan ketaatan atau kepatuhan terhadap peraturanperaturan yang berkenaan dengan masalah belajar, baik peraturan yang ditentukan oleh guru, sekolah, maupun yang ditentukan diri sendiri yang dapat dijadikan sebagai perubahan tingkah laku pada diri siswa. Dalam upaya guru PAI meningkatkan kedisiplinan yang pertama, dengan cara menegakkan peraturan moralitas atau akhlak dan diajak berfikir akan pentingnya kedisiplinan dan rasa tanggungjawab. Kedua, memberikan reward dan punishment. Ketiga, melakukan pembiasaan agar tertanam kedisiplinan pada peserta didik serta memberikan nasihat dan masukan kepada peserta didik. Keempat, konsisten. Kata Kunci: Kedisiplinan; Upaya guru PAI, Mapel PAI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 03:10 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 03:10 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31419 |
Actions (login required)
View Item |