STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN KRIKILAN SUMBER REMBANG

Khoiruddin, Imam Alif (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN KRIKILAN SUMBER REMBANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900056_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900056_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta faktor pendukung dan penghambatnya di SDN Krikilan Sumber Rembang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, melibatkan satu guru dan tiga peserta didik.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara ( terstruktur ), observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan teknik Milles & Huberman yang meliputi reduksi data atau pemilihan data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Motivasi belajar peserta didik SDN Krikilan Sumber Rembang memiliki antusias dalam proses pembelajaran sudah cukup baik. Kedua, Strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SDN Krikilan Sumber Rembang sudah baik antara lain (1) guru melakukan kualifikasi terhadap tingkah laku dan kepribadian peserta didik (2) guru memilih sistem pendekatan belajar mengajar yang sesuai (3) guru memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif (4) guru menetapkan norma norma dan batas minimal keerhasilan yang dapat dijadikan pedoman. Ketiga, faktor pendukung strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SDN Krikilan Sumber Rembang yaitu adanya dukungan dari pihak sekolah terhadap mutu pendidikan, adanya kesadaran dari guru PAI tentang pentingnya menerapkan strategi belajar mengajar.Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya dukungan orang tua terhadap peningkatan motivasi belajar, sarana dan prasarana yang kurang memadai,dan kurangnya kekondusifan lingkungan di dalam ruang kelas. Kata Kunci: Strategi guru, Motivasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:44
Last Modified: 11 Oct 2023 02:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31402

Actions (login required)

View Item View Item