PENGARUH PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR'AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMP IT AL FATEEH SEMARANG TAHUN 2022/2023

Wirasakti, Genta Buana (2023) PENGARUH PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR'AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMP IT AL FATEEH SEMARANG TAHUN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900050_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900050_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program tahfidz Al-Qur'an terhadap prestasi belajar Tahfidz Al-Qur’an peserta didik di SMP IT Al-Fateeh Semarang. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode pengumpulan berupa Angket (kuesioner). Angket disebarkan kepada responden dengan sampel 70 peserta didik dan teknik dalam menentukan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, yaitu sampel yang diambil secara keseluruhan karena sampel kurang dari 100. Demikian untuk hasil penelitian yang dilaksanakan adalah (1) Pelaksanaan pada program tahfidz Al-Qur'an di SMP IT Al-Fateeh Semarang tahun 2022/2023 masuk dalam kategori "Baik" yang telah dibuktikan dengan hasil perolehan data pada angket program tahfidz Al-Qur'an yaitu memperoleh rata-rata nilai 39 dalam rentang interval 39-41 yang menduduki kategori baik, dan peserta didik berjumlah 25 peserta didik.(2) Prestasi belajar Tahfidz Al-Qur’an di SMP IT Al-Fateeh Semarang tahun 2022/2023 masuk dalam kategori "baik" yang diperoleh dari hasil nilai akhir yang nilai rata-ratanya sebesar 69 yang masuk dalam rentang 66-78 dengan jumlah peserta didik sebanyak 21 peserta didik. (3) untuk pengaruh program tahfidz Al-Qur'an terhadap prestasi belajar Tahfidz Al-Qur’an peserta didik di SMP IT Al-Fateeh Semarang tahun 2022/2023 89,9%. Kemudian nilai koefisien distribusi 89,9% yang menunjukan bahwa semakin baik program tahfidz Al-Qur'an sehingga mampu meningkatkan dalam prestasi belajar Tahfidz AlQur’an. Adanya pengaruh yang signifikan juga terlihat yang memperoleh nilai sebesar 870,899 dan lebih besar dari nilai Ftabel yang memperoleh 3,98, artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedua variabel yaitu antara Program Tahfidz Al-Qur'an terhadap prestasi belajar Tahfidz Al-Qur’an peserta didik SMP IT Al-Fateeh Semarang tahun 2022/2023. Kata kunci :Pengaruh, Program Tahfidz Al-Qur'an, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:38
Last Modified: 11 Oct 2023 02:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31397

Actions (login required)

View Item View Item