PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP N 6 SEMARANG TAHUN 2022/2023

Ilyasa, Bryan Aprilian (2023) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP N 6 SEMARANG TAHUN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900028_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900028_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar di SMP N 6 Semarang Tahun 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi atau penelitian hubungan dan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner serta test tertulis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas VIII yang yang berjumlah 260 Siswa. Sedangkan sample penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan sample dengan melihat karakteristik kelas yang sama maka dapat di pilih 2 sample yaitu kelas VIII G sebagai kelas control dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 33 orang pada masing-masing kelas. Berdasarkan analisis data dan perhitungan, menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung = 4,933 ttabel = 1,7081. Jika thitung > ttabel yaitu 4,933 > 1,7081, maka ada pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran PAI sebesar 49,3%. Penggunaan gadget juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI di SMP N 6 Semarang. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung = 3,083 ttabel = 1,7081 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,083 > 1,7081, maka ada pengaruh penggunaan gadget terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran PAI sebesar 27,5%. Dengan tingkat penggunaan gadget kelas VIII di SMP Negeri 6 Semarang berada di kategori sedang yaitu 40 siswa (71,4%), 8 siswa (14,3%) berada di kategori tinggi dan 8 siswa (14,3%) berada di kategori rendah. Kata Kunci: Gadget, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:31
Last Modified: 11 Oct 2023 02:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31387

Actions (login required)

View Item View Item