PERAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA (Studi Kasus: Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Kedungpane Semarang)

Alves da Silva, Domingos (2023) PERAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA (Studi Kasus: Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Kedungpane Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301609874_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301609874_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)

Abstract

Anak yang telah melakukan tindak pidana dan menyandang status terpidana akan berdampak negatif bagi masa depannya nanti. Pembinaan bagi narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan telah berubah dari sistem kepenjaraan menjadi sistem pemasyarakatan. Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bidang Pemasyarakatan di bawah wilayah kerja Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Jawa Tengah. Tujuan penelitian dan penyusunan skripsi ini adalah: Mengetahui dan menganalisa pelaksanaan pemenuhan hak pendidikan terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana di Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane Semarang. Mengetahui hambatan dan solusi pelaksanaan pemenuhan hak pendidikan terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana di Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane Semarang. Jenis Penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris yang dengan kata lain adalah jenis penelitian hukum sosiologis dan dapat disebut pula dengan penelitian lapangan, yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataannya di masyarakat. Pelaksanaan pembinaan terhadap anak berupa Pendidikan umum, moral dan keagamaan. Kendala yang dihadapi dalam memenuhi hak atas pendidikan bagi anak yang melakukan tindak pidana di Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane Semarang: Belum adanya peraturan yang mengatur mengenai pelaksanaan Pendidikan bagi anak yang melakukan tindak pidana, Kurangnya anggaran atau dana yang dapat menunjang pelaksanaan Pendidikan bagi anak yang melakukan tindak pidana khususnya di Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane Semarang, Pelaksanaan pemidanaan anak yang relatif pendek, Kurangnya sumber daya manusia untuk melaksanakan pendidikan di Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane Semarang, Tidak adanya niat untuk melaksanakan pendidikan. Kata Kunci : Anak, Lembaga Pemasyarakatan, Pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:17
Last Modified: 11 Oct 2023 02:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31377

Actions (login required)

View Item View Item