PERAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (Studi Kasus: Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang)

Noviyanto, Bayu (2023) PERAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (Studi Kasus: Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301609869_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301609869_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)

Abstract

Sistem pembinaan bagi narapidana narkotika dilakukan di dalam Lembaga pemasyarakatan, di mana Lembaga Pemasyarakatan merupakan salah satu bentuk hukuman pidana, Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2022 tentang Pemasyarakatan, khususnya Pasal 9 mengenai hakhak narapidana, bahwa narapidana harus diperlakukan dengan baik dan manusiawi dalam satu system pembinaan yang terpadu, Pembinaan dan pembimbingan narapidana meliputi program pembinaan dan bimbingan yang berupa kegiatan pembinaan kepribadian dan kegiatan pembinaan kemandirian. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui dan menganalisa pelaksanaan pembinaan narapidana narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang dan Mengetahui hambatan dan solusi pembinaan narapidana narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang. Metode pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis sosiologis, yaitu dengan menemukan kenyataan hukum yang dialami di lapangan atau suatu pendekatan yang berpangkal pada permasalahan mengenai hal yang bersifat yuridis serta kenyataan yang ada. Pelaksanaan pembinaan narapidana narkotika yang dilakuakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang menggunakan 2 jenis metode, Intramural Treatment dan Ekstramural Treatment. Selain itu juga, setiap tahunnya Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang mengadakan rehabilitasi bagi narapidana narkotika menjelang bebas. Hambatan dalam pelaksanaan pembinaan narapidana narkotika yang dilakuakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah kurangnya petugas dalam melakukaan pembinaan, narapidana yang kurang kooperatif serta kurangnya sarana dan prasarana. Solusi dari hambatan-hambatan tersebut adalah Melibatkan masyarakat dalam pembinaan, Membuat program pembinaan khusus lansia, serta meningkatkan sarana dan prasarana. Kata Kunci: Lembaga Pemasyarakatan, Narapidana, Narkotika, Pembinaan Narapidana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:17
Last Modified: 11 Oct 2023 02:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31376

Actions (login required)

View Item View Item