IMPLEMENTASI METODE AN-NASHR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENTERJEMAH AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS XI MIPA 3 MAN 1 KOTA SEMARANG

Hidayah, Amalia Nur (2023) IMPLEMENTASI METODE AN-NASHR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENTERJEMAH AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS XI MIPA 3 MAN 1 KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900015_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900015_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui perencaan kemampuan menterjemah Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dan untuk mengetahui pelaksanaan metode An-Nashr dalam meningkatkan kemampuan menterjemah Al-Qur’an pada pelajaran Al-Qur’an Hadis serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan menterjemah Al-Qur’an mata pelajaran Al-Qur’an Hadis XI MIPA 3 MAN I Kota Semarang. Jenis penelitian ini kualitatif dan penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini kepala sekolah, guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dan beberapa peserta didik. Analisis data yang digunakan yaitu dmereduksi data yang disajikan dalam bentuk deskriptif dan verifikasi dengan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi beberapa hal: Perencanaan dilakukan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP). Pelaksanaannya peserta didik aktif dalam proses pembelajaran sehingga memenuhi kategori yaitu mampu menterjemah per-ayat . Peningkatan metode AnNashr dilakukan dengan evaluasi pembelajaran pelaksanaan metode an-nashr dapat dilakukan dengan cara penilaian penilaian harian bisa dari segi setoran hafalan maupun dari ulangan harian (evaluasi formatif). Kata Kunci: Metode An-Nashr, peningkatan kemampuan, menterjemahAl-Qur’an, Al-Qur’an Hadis , MAN 1 Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:15
Last Modified: 11 Oct 2023 02:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31374

Actions (login required)

View Item View Item