PERAN PENYIDIK DALAM PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG MENGAKIBATKAN MENINGGALNYA ORANG LAIN (STUDI KASUS DI POLRESTABES SEMARANG)

Hafidhoh, Salma (2023) PERAN PENYIDIK DALAM PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG MENGAKIBATKAN MENINGGALNYA ORANG LAIN (STUDI KASUS DI POLRESTABES SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301609787_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301609787_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)

Abstract

Salah satu bentuk kejahatan yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat adalah pencurian dengan kekerasan (Curas). Tindak pidana pencurian dengan kekerasan diatur dalam Pasal 365 KUHP. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami PERAN PENYIDIK DALAM PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG MENGAKIBATKAN MENINGGALNYA ORANG LAIN (STUDI KASUS DI POLRESTABES SEMARANG) dan pertimbangan hakim dalam memutus perkara tindak pidana pencurian yang mengakibatkan meninggalnya orang lain. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis. Metode pendekatan yuridis sosiologis yaitu dengan menemukan kenyataan hukum yang dialami dilapangan atau suatu pendekatan yang berpangkal pada permasalahan mengenai hal yang bersifat yuridis serta kenyataan yang ada. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa penerapan sanksi pidana pada pencurian dengan kekerasan yang menyebabkan meninggalnya orang lain dapat dikenakan Pasal 365 KUHP dengan ancaman pidana paling lama 15 tahun. Pertimbangan penyidik itu mengacunya ke KUHAP, polisi itu dengan melakukan upaya penyelidikan pada peristiwa pidana kalau ada yang hilang, ada orang yang meninggal lebih tepatnya dikenakan Pasal 365 KUHAP ayatnya (3) mengacunya ke KUHP. Pertimbangan hakim dalam memutus perkara tindak pidana pencurian yang mengakibatkan meninggalnya orang lain, Hakim dalam menjatuhkan putusan pengadilan perlu didasarkan kepada teori dan hasil penelitian yang saling berkaitan sehingga didapatkan hasil penelitian yang maksimal dan seimbang dalam tataran teori dan praktek. Selain itu, Hakim juga mempertimbankan hal-hal yang meringankan dan memberatkan Terdakwa pada saat pemeriksaan fakta-fakta persidangan. Kata Kunci: Penyidikan, Pencurian, Meninggalnya Orang Lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:06
Last Modified: 11 Oct 2023 02:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31365

Actions (login required)

View Item View Item