PERAN PROGRAM KAFILAH DAKWAH ROHIS SMA ISLAM HIDAYATULLAH DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH DI SMP ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG

Fajarian, Ahmad Dzaky (2023) PERAN PROGRAM KAFILAH DAKWAH ROHIS SMA ISLAM HIDAYATULLAH DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH DI SMP ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501602333_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501602333_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)

Abstract

Akhlak merupakan bagian dari bidang mata pelajaran PAI yang dinilai penting sebagai insterpretasi psikomotorik dalam mencapai tujuan pendidikan di Indonesia. Menjadi sebuah tantangan yang tidak mudah bagi stakeholder dengan kondisi jadwal kurikulum yang kurang proporsional seperti pemberian alokasi waktu yang hanya 2 jam sepekan. Kebutuhan akan Ekstrakurikuler ROHIS menjadi jalan alternatif, sebagai salah satu sarana agar tercapainya pelaksanaan pembelajaran Akhlak yang tidak berfokus pada pemberian aspek kognitif saja. Penulis tertarik untuk meneliti ekstrakurikuler ROHIS SMA Hidayatullah yang memiliki program kafilah dakwah yang memiliki peran dalam pembentukan Akhalakul Karimah. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang diuji dengan uji kebasahan data, berupa triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Pengambilan data dilakukan dengan mengumpulkan dokumentasi seperti bukti kegiatan acara, dan sumber yang mendukung. Adapun penulis mengambil observasi, wawancara kepada Pembina Rohis, Ketua Rohis, dan Peserta Program Kafilah Dakwah. Berdasarkan pelaksanaan dari Program Kafilah dakwah Rohis SMA Hidayatullah dan setelah dilakukan uji olah data menunjukkan adanya perandalam pembentukan Akhlakul Karimah Peserta. Hal tersebut tergambarkan pada evaluasi kegiatan Program yang membangun senstivitas hamblummninallah, hamblumminannas juga didukung gerakan budaya islami di sekolah yang hal tersebut dimonitoring dari buku ibadah harian siswa. Adapun berbagai pihak yang menerima program tersebut merasa perlu untuk tetap bisa mengadakan acara tersebut di sekolah SMP Hidayatullah. Kata kunci : Peran, Program Kafilah Dakwah, Akhlakul Karimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:55
Last Modified: 10 Oct 2023 06:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31353

Actions (login required)

View Item View Item