PERAN KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI KOTA SEMARANG (Studi di Polrestabes Semarang)

AFRIZAN, ANANG (2023) PERAN KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI KOTA SEMARANG (Studi di Polrestabes Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301609487_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301609487_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)

Abstract

Penelitian di latarbelakangi banyaknya kasus kekerasa dalam rumah tangga yang tentunya membutuhkan penanggulangan yang serius oleh pihak berwajib terutama kepolisian. penelitian iniIbertujuan untuk mengetahuiIdan memahami bagaimana peranan kepolisian dalam menaggulangi tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga dan hambatan yang di hadapi kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis-sosiologis. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis, sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data primer diperoleh melalui studi lapangan berupa wawancara dan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. analisis data digunakan metode analisis kualitatif Hasil penelitianIdari penelitian ini di ketahui peranan kepolisian dalam penanggulangan tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga di kota Semarang dilakukan dengan cara preventif dan represif, adapun penanggulangan secara peventif dilakukan dengan cara melakukan kegiatan penyuluhan di masyarakat melalui perwakilan unit PPA Polrestabes Semarang yang dilakukan di ruang lingkup kecamatan dan Sosialisasi Perlindungan Perempuan dan Anak Bekerja sama dengan PPT Seruni dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kelurahan–Kelurahan Kota Semarang, sedangkan cara represif yang dilakukan unit PPA Polrestabes Semarang dalam menanggulangi tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga di Kota Semarang adalah melakukan penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga dan menyediakan perlindungan bagi korban dan hambatan yang dihadapi kepolisian dalam penanggulangan tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga di kota Semarang adalah : 1) Waktu kejadian tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga yang sudah lama lewat jauh ketika melakukan pengaduan, 2) Tidak adanya konfirmasi dari para pihak setelah terjadi perdamaian, dan 3) Para pihak tidak terbuka dalam membuat pengaduan. Kata Kunci : Peranan, kepolisian, Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:33
Last Modified: 10 Oct 2023 06:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31335

Actions (login required)

View Item View Item