STUDI KOMPARATIF NIKAH MUHALIL MENURUT PERSPEKTIF IMAM SYAFI’I, DAN IMAM AHMAD BIN HANBAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN KOMPILASI HUKUM ISLAM

Shobah, Muhammad Nuh Nurus (2023) STUDI KOMPARATIF NIKAH MUHALIL MENURUT PERSPEKTIF IMAM SYAFI’I, DAN IMAM AHMAD BIN HANBAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN KOMPILASI HUKUM ISLAM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30501900044_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30501900044_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)

Abstract

Perlu diketahui bahwasanya berbeda pendapat sering terjadi pada lingkup hukum Islam. Sehingga peneliti ingin meneliti dua pendapat Imam besar yaitu Imam Syafi’i dan Imam Ahmad bin Hanbal terkait nikah muhalil. Karena dua pendapat ini berbeda pendapat hingga sang peneliti ingin meneliti berdasarkan hukum nikah muhalil. Selain itu hiruk-piruk pada masalah nikah muhalil ini menjadi perdebatan banyak ulama. Jumhur ulama ini menyatakan hukumnya tidak sah. Dikarenakan ada hadist nabi yang menyatakan, “Allah Swt melaknat muhalil dan muhallil lah”. Ada juga ulama yang menghukumi nikah muhalil itu sah dan dapat dilakukan dengan syarat dilakukan jika pernikahan itu tidak disertai dengan syarat tahlil. Jenis penelitian ini pada skripsi ini adalah library research. Penelitian ini diambil dari data primer dan data sekunder. Selain itu, pengumpulan data pada skripsi ini diambil dengan metode dokumentasi. Disamping itu juga, peneliti meneliti dengan metode analisis dalam skripsi ini dengan metode analisis deskriptif komparatif. Hasil dari penelitian pada hukum nikah muhalil terdapat persamaan dan perbedaan. Persamaan terletak pada patokan dalil hadist yang digunakan untuk beristinbat yaitu hadist riwayat Tirmidhi. Perbedaannya terletak pada hukum niat menyatakan nikah muhalil. Yang dimana Imam Syafi’i menghukumi niat tahlil itu makruh. Sedangkan Imam Ahmad bin Hanbal menghukumi niat tahlil itu haram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:27
Last Modified: 10 Oct 2023 06:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31329

Actions (login required)

View Item View Item