HASANAH CONGRUITY VALUABLE SEBAGAI KEUNGGULAN POSISIONAL DAN SUMBER PENINGKATAN MARKETING PERFORMANCE

Pranaditya, Ari (2023) HASANAH CONGRUITY VALUABLE SEBAGAI KEUNGGULAN POSISIONAL DAN SUMBER PENINGKATAN MARKETING PERFORMANCE. Doctoral thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10402000002_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10402000002_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi atas adanya kesenjangan hasil penelitian marketing culture dengan marketing performance. Budaya yang kuat adalah sumber dominan yang sangat penting untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang meningkatkan performance namun demikian hubungan marketing culture atas performance dapat berbeda tergantung pada konteks penelitian, ukuran performance yang digunakan, bahkan menghasilkan hubungan yang negatif. Fokus penelitian ini perguruan tinggi swasta Islam berdasarkan fenomena pertumbuhan jumlah mahasiswa pada perguruan tinggi swasta dengan akreditasi A dan B di Jawa Tengah TA 2021/2022, perguruan tinggi swasta Islam tertinggal dari perguruan tinggi swasta umum yang tumbuh hampir dua kali lipat dari perguruan tinggi swasta Islam. Konsep baru Hasanah Congruity Valuable (HCV) ditawarkan sebagai solusi dalam menyelesaikan kesenjangan marketing culture dengan marketing performance. Hasanah Congruity Valuable merupakan sintesa Conguity Theory, Resource-Based Theory dan nilai Islam Hasanah adalah keselarasan nilai relatif yang dimiliki oleh program studi baik dalam bentuk ziadatul iman congruity valuable yaitu lingkungan yang menguatkan nilai-nilai keimanan dan hubbul ilmi congruity valuable yaitu penguatan kecintaan terhadap ilmu agama sebagai keunikan yang ditawarkan kepada konsumen potensial. 175 kuesioner didapatkan dari ketua prodi, sekretaris prodi dan civitas yang bertanggung jawab terhadap pemasaran program studi di 6 perguruan tinggi swasta Islam di Jawa Tengah dengan akreditasi institusi A (Unggul) atau B (Baik Sekali) yang telah berdiri lebih dari 10 tahun. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode pengambilan sampel dengan teknik purposive non-random sampling. Konsep baru HCV dibentuk melalui uji pakar dengan pakar manajemen dari Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran dan Mahad Multaqo bil Quran dalam bentuk FGD, Kolokium dan forum diskusi intens dan juga telah lolos uji validitas, reliabilitas dan analisis konfirmatori. Pengujian model dan hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis model persamaan struktural (SEM) dengan software AMOS. Hasil menunjukkan bahwa HCV terbukti secara empirik mampu meningkatkan market performance. Artinya, keselarasan nilai relatif yang dimiliki oleh program studi baik dalam bentuk ziadatul iman congruity valuable keimanan dan hubbul ilmi congruity valuable mampu meningkatkan market performance, salah satu variabel dari marketing performance. Studi ini juga membuktikan peran penting internal communication culture dan innovativeness culture sebagai variabel antesenden dalam meningkatkan HCV. Kata kunci: higher education, marketing culture, service quality culture, internal communication culture, innovativeness culture, value congruity, hasanah congruity valuable, ziadatul iman congruity valuable, hubbul ilmi congruity valuable, marketing performance, market performance.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:25
Last Modified: 10 Oct 2023 04:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31301

Actions (login required)

View Item View Item