PERAN MAHMUDAH INTELLECTUAL STIMULATION LEADERSHIP DALAM MENINGKATKAN KINERJA INOVASI PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI JAWA TENGAH

Jaya, Yadi Fakhruzein Terang (2023) PERAN MAHMUDAH INTELLECTUAL STIMULATION LEADERSHIP DALAM MENINGKATKAN KINERJA INOVASI PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI JAWA TENGAH. Doctoral thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10401900019_fullpdf.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10401900019_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi model kontekstual baru yang dapat mengangkat topik penelitian antara peran Kualitas Pengetahuan dan Kinerja Inovasi yang berpusat pada konsep Kepemimpinan Mahmudah Intellectual Stimulation dengan studi empiris di Perguruan Tinggi Swasta di wilayah kerja LLDikti 6 Jawa Tengah. Variabel dalam penelitian ini meliputi Kualitas Pengetahuan Intrinsik, Kualitas Pengetahuan Kontekstual, Kualitas Pengetahuan yang Dapat Ditindaklanjuti, Kepemimpinan Mahmudah Intellectual Stimulation, Kerja Cerdas, dan Kinerja Inovasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 237 Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah, dengan menggunakan teknik purposive sampling, 71 Perguruan Tinggi Swasta dijadikan sampel, dengan 176 pejabat struktural sebagai sumber pengumpulan data. Pengolahan data menggunakan alat analisis Amos SEM. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk google form. Penelitian ini berhasil menghasilkan sebuah kebaruan dalam menambah khazanah teori kepempimpinan yaitu “Mahmudah Intellectual Stimulation Leadership” yang diajukan dalam membangkitkan minat penelitian tentang hubungan antara Kualitas Pengetahuan dengan Kinerja Inovasi dan mendapatkan justifikasi yang didukung oleh data empiris. Hasil analisis terhadap 6 hipotesis dalam penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis berpengaruh positif dan signifikan. Berkenaan dengan pengaruh total, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kepemimpinan Mahmudah Intellectual Stimulation sebagai kebaruan dalam penelitian ini memiliki pengaruh dominan total terhadap Kinerja Inovasi sebesar 61,7%. Nilai Goodness of Fit Index (GFI = 880) sebaiknya ≥0,90 sehingga tergolong moderate fit. Nilai AGFI = 0,847 bukan ≥0,90 yang menunjukkan model kecocokan sedang. Hasil uji chi-square diperoleh nilai 286,455 yang dikatakan tinggi dan model tidak fit, karena nilai probabilitas 0,001 < 0,05, sehingga model dikatakan memiliki perbedaan antara matriks kovarian sampel dan matriks kovarians model. Kepemimpinan Mahmudah Intellectual Stimulation berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Inovasi Perguruan Tinggi, hal ini menunjukkan bahwa Kinerja Inovasi Perguruan Tinggi dipengaruhi oleh seorang pemimpin yang menerapkan gaya kepemimpinan Mahmudah Intellectual Stimulation, yaitu kemampuan pemimpin untuk merangsang kecerdasan anggota timnya dengan pikiran dan pendekatan hati (qolbu) yang dilandasi oleh niat ibadah dan semangat tauhid kepada Allah SWT. Karakter Kepemimpinan Mahmudah Intellectual Stimulation diperlukan dalam upaya meningkatkan Kinerja Inovasi Perguruan Tinggi. Kata Kunci : Kualitas Pengetahuan Intrinsik, Kualitas Pengetahuan Kontekstual, Kualitas Pengetahuan yang dapat ditindaklanjuti, Mahmudah Intellectual Stimulation Leadership, Pola Kerja Cerdas, dan Kinerja Inovasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:20
Last Modified: 10 Oct 2023 04:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31293

Actions (login required)

View Item View Item