MAS’ULIYAH, ADAPTABILITAS KARIR DAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI RESILIENSI KARIR BERBASIS JEJARING (NETWORK CAREER RESILIENCE)

Kuncoro, Joko (2023) MAS’ULIYAH, ADAPTABILITAS KARIR DAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI RESILIENSI KARIR BERBASIS JEJARING (NETWORK CAREER RESILIENCE). Doctoral thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10401800015_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10401800015_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)

Abstract

Perkembangan pengetahuan, teknologi informasi serta perubahan berbagai kebijakan telah berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusian. Organisasi termasuk lemabaga pendidkan harus melakukan berbagai upaya untuk dapat bertahan dan berkembang, terutama dalam pengelolaan sumber daya manusia sehingga tetap mampu bekerja produktif dan tahan terhadap guncangan karir (career shock). Dosen sebagai salah satu unsur perguruan tinggi memegang peranan yang sangat vital bagi kemajuan institusi sekaligus bangsa. Meski demikian kondisi karir profesionalitas dosen yang tercermin dari jabatan fungsional akademik (jafa) hingga saat ini masih dalam kondisi yang mengecewakan. Sebagian besar dosen masih belum mempunyai jabatan fungsional akademik dan hanya sedikit yang memiliki jabatan akademik Lektor Kepala dan Profesor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model pengaruh Resiliensi Berbasis Jejaring aringan atau Network Career Resilience (NCR) terhadap kinerja dosen secara langsung dan sekaligus menguji pengaruh NCR terhadap hubungan antara mas`uliyah dan adaptabilitas karir terhadap kinerja. NCR merupakan integrasi dua teori besar yaitu teori ketrampilan politik (political skills) dengan teori motivasi karir. Pengaruh ketrampilan politik dan motivasi karir terhadap kinerja telah lama diteliti, meskipun hasilnya masih kurang konsisten. NCR merupakan konstrak baru yang diharapkan mampu menjelaskan ketidakkonsistenan tersebut atau dengan kata lain NCR menjadi peredam ketika guncangan karir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa NCR mampu menjalankan peran mediasi hubungan antara mas`uliyah dan kinerja, juga antara adaptabilitas karir dengan kinerja meskipun mediasinya parsial atau sebagian. Artinya pengaruh tidak langsung mas`uliyah dan adapatabiltas karir terhadap kinerja lebih besar dibandingkan pengaruh langsungnya. Model teoritis yang diajukan juga fit. Dinamika hubungan antar variabel penelitian dan pengujian serta pembahasan hasil penelitian dibahas lebih lanjut pada tulisan ini. Kata kunci : Mas`uliyah, Network Network Career Resilience (NCR), Career Adaptability, Performance.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:32
Last Modified: 10 Oct 2023 03:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31268

Actions (login required)

View Item View Item