ANTESENDEN DAN KONSEKUEN AMANAH COERCIVE INTELLECTUAL LEADERSHIP : Upaya Peningkatan Kinerja Program Studi Perguruan Tinggi di Provinsi Jawa Tengah

Pratiwi, Ratih (2023) ANTESENDEN DAN KONSEKUEN AMANAH COERCIVE INTELLECTUAL LEADERSHIP : Upaya Peningkatan Kinerja Program Studi Perguruan Tinggi di Provinsi Jawa Tengah. Doctoral thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10401800010_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10401800010_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi sebuah model konseptual baru yang dapat mengisi keterbatasan studi terdahulu dan kesenjangan penelitian antara peran pembelajaran dan kinerja organisasi yang berpusat pada integrasi power theory dengan pendekatan coercive yang diwarnai konsep amanah dan leadership theory dengan pendekatan intellectual stimulation. Konsep kebaruan tersebut adalah konsep amanah coercive intellectual leadership yang merupakan profesionalitas dan kualitas diri pemimpin dalam mengontrol dan menstimulasi perilaku karyawan dengan memastikan pengikutnya mematuhi kebijakan dan norma-norma organisasi berdasarkan pada nilai amanah dalam penyelesaian tugasnya. Amanah coercive intellectual leadership diindikasikan dengan novel and adaptive thinking; enforced a clear vision; mas'uliyah innovativeness; dan maintain God fearing behavior. Jenis penelitian ini adalah explanatory research atau penelitian yang bersifat menjelaskan hubungan antar variabel penelitian (kausalitas) yaitu generative learning, adaptive learning, amanah coercive intellectual leadership, collaborative engagement, dan kinerja organisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Program Studi Strata Satu Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah dalam bentuk lembaga universitas dengan jumlah 667 prodi. Responden dalam penelitian ini setelah melalui perhitungan slovin adalah 250 Program Studi Strata Satu Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini digunakan the structural equation modelling (SEM) dari paket Software AMOS20.0. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagaimana berikut amanah coercive intellectual leadership akan menjadi sangat efektif dalam meningkatkan kinerja organisasi jika didukung dengan adaptive dan generatif learning. Amanah coercive intellectual leadership akan mendorong collaborative engagement dan Amanah coercive intellectual leadership juga terbukti dalam meningkatkan organizational performance. Kata kunci : generative learning; adaptive learning; amanah coercive intellectual leadership; collaborative engagement; kinerja organisasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:30
Last Modified: 10 Oct 2023 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31264

Actions (login required)

View Item View Item