EVALUASI RASIONALITAS PENGGUNAAN OBAT DAN EFEK SAMPING OBAT GOLONGAN AGONIS β2 DAN KORTIKOSTEROID PADA PASIEN ASMA RAWAT INAP DI RSUD SUNAN KALIJAGA DEMAK

Susanti, Riana Dwi (2023) EVALUASI RASIONALITAS PENGGUNAAN OBAT DAN EFEK SAMPING OBAT GOLONGAN AGONIS β2 DAN KORTIKOSTEROID PADA PASIEN ASMA RAWAT INAP DI RSUD SUNAN KALIJAGA DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
33101900071_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Asma merupakan penyakit yang ditandai oleh inflamasi kronik yang menyebabkan saluran pernapasan mengalami hiperesponsif, dengan gejala sesak nafas, mengi, dada terasa berat atau tertekan, dan batuk. Pengobatan dapat dikatakan berhasil apabila pasien menerima obat sesuai dengan kebutuhan klinik pasien. Dalam penanganan terapi perlu penggunaan obat yang rasional dan meminimalkan efek samping obat untuk keselamatan pasien (patient safety) sehingga kualitas hidup pasien terjamin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rasionalitas penggunaan obat dan efek samping obat golongan agonis β2 dan kortikosteroid pada pasien asma rawat inap di RSUD Sunan Kalijaga Demak. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat non eksperimental dengan pengumpulan data secara retrospektif. Teknik pengambilan data yaitu purposive sampling. Sampel yang diperoleh berjumlah 68 data rekam medis yang memenuhi kriteria inklusi. Analisis data secara deskriptif dalam bentuk tabel jumlah dan presentase. Hasil penelitian diperoleh rasionalitas berdasarkan kategori tepat indikasi (100%), tepat pasien (100%), tepat obat (91,2%) dan tepat dosis (95,6%). Macam efek samping obat yang paling banyak dialami pasien yaitu takikardi (10,3%), pusing (10,3), hipertensi (8,9%). Kesimpulan dari penilaian rasionalitas penggunaan obat dari keempat kriteria adalah sebesar 86,8% dan pasien yang mengalami efek samping obat sebanyak 33 pasien yang dianalisis dengan algoritma naranjo untuk kategori mungkin (42,4%) dan kemungkinan besar (57,6%). Oleh karena itu, maka disarankan kepada apoteker rumah sakit dapat meningkatkan monitoring kondisi pasien yang mengalami efek samping obat agar outcome terapi tercapai. Kata Kunci: Asma, rasionalitas, efek samping, naranjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:03
Last Modified: 09 Oct 2023 07:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31205

Actions (login required)

View Item View Item