PENGARUH KEASAMAN MEDIA DAN KONSENTRASI ANTIBODI TERHADAP STABILITAS KONJUGAT ANTIBODI-GNPs (Gold Nanoparticles) (Studi Pendahuluan: Pengembangan Halal Test Kit Berbasis Imunokromatografi untuk Deteksi Produk Gelatin Haram)

Adani, Adina Yumnita (2023) PENGARUH KEASAMAN MEDIA DAN KONSENTRASI ANTIBODI TERHADAP STABILITAS KONJUGAT ANTIBODI-GNPs (Gold Nanoparticles) (Studi Pendahuluan: Pengembangan Halal Test Kit Berbasis Imunokromatografi untuk Deteksi Produk Gelatin Haram). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
33101800001_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Produk gelatin sering menjadi perhatian karena status kehalalannya sehingga diperlukan metode yang praktis dan akurat untuk mengurangi kekhawatiran masyarakat terhadap penggunaan bahan dasar babi pada gelatin. Salah satu metode deteksi gelatin babi yang dapat dikembangkan adalah metode imunokromatografi yang menggabungkan prinsip imunologi dengan teori kromatografi dalam tes sederhana secara kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh parameter keasaman media (pH) saat konjugasi dan konsentrasi antibodi yang dikonjugasikan dengan nanopartikel emas terhadap stabilitas konjugat antibodi­nanopartikel emas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap 2 faktorial, yaitu kombinasi antara kondisi pH saat konjugasi dan konsentrasi antibodi poliklonal yang dikonjugasikan dengan nanopartikel emas pada strip uji. Larutan nanopartikel emas pada kondisi pH 6; pH 7; pH 8 dikonjugasikan dengan antibodi poliklonal yang didapatkan dari imunisasi gelatin babi ke kelinci. Kondisi optimal larutan konjugat diidentifikasi secara visual dengan melihat perubahan warna pada larutan konjugat setelah penambahan NaCl 10%. Pengujian strip uji pada larutan gelatin dan sampel juga diidentifikasi dengan melihat adanya bercak merah pada titik kontrol dan/atau titik uji pada strip secara visual. Berdasarkan hasil penelitian dengan melihat perubahan warna pada larutan konjugat secara visual, kondisi optimum yang digunakan saat konjugasi antibodi­nanopartikel emas adalah pada pH 8 dan konsentrasi antibodi 75,31 ng/mL yang menunjukkan tidak ada perubahan warna akibat agregasi. Namun hasil pengujian strip uji pada kontrol maupun sampel belum menunjukkan hasil yang valid. Kesimpulan penelitian ini adalah pada kondisi optimum yang dipilih tersebut ternyata belum mampu mengidentifikasi antigen babi pada gelatin dan produk berbahan gelatin dengan baik. Kata kunci: Imunokromatografi, babi, gelatin, konjugasi antibodi­nanopartikel emas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:14
Last Modified: 09 Oct 2023 07:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31191

Actions (login required)

View Item View Item