GAMBARAN TINGKAT SPIRITUALITAS PADA PASIEN STROKE YANG MENGALAMI GANGGUAN MOBILITAS FISIK DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Rozaki, Farizal (2023) GAMBARAN TINGKAT SPIRITUALITAS PADA PASIEN STROKE YANG MENGALAMI GANGGUAN MOBILITAS FISIK DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901700028_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901700028_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Latar Belakang: Penyakit stroke di Indonesia menduduki posisi ketiga setelah jantung dan kanker ,dengan jumlah prevelensi 8, 3 per 1000 penduduk . Pasien stroke biasanya mengalami kesedihan akibat kehilangan kemampuan mobilitas, ketidakmampuan berkomunikasi, perubahan dalam sensasi dan penglihatan serta kehilangan peran dalam masyarakat. Gangguan Mobilitas atau Imobilitas dapat membuat pasien stroke mengalami gangguan aspek neurologis dan juga dapat berdampak dalam kurangnya rasa percaya kepada Tuhan di aspek kekuatan, arti hidup dan harapan. Pendekatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi krisis kepercayaan terhadap Tuhan menggunakan strategi spiritualitas yang berarti meringankan masalah mental dan lebih mengembangkan kapasitas pasien secara tulus dan mengurangi kecemasan. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua pasien stroke dengan gangguan mobilitas fisik di RSI Sultan Agung Semarang berjumlah 175. Sampel yang digunakan sebanyak 122 responden dengan menggunakan teknik consecutive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Spiritual Well Being Scale (SWBS). Simpulan: Gambaran tingkat spiritualitas pada pasien stroke yang mengalami gangguan mobilitas fisik. Data responden mengalami tingkat spiritualitas ringan sebanyak 19 responden (15,6%), tingkat spiritualitas sedang sebanyak 82 responden (67,2%), tingkat spiritualitas tinggi sebanyak 21 responden (17,2%). Kata kunci: Stroke, Gangguan Mobilitas, Tingkat Spiritualitas Daftar Pustaka: 16 (2007-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:17
Last Modified: 12 Oct 2023 06:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31126

Actions (login required)

View Item View Item