PENGARUH PEMBERIAN SEKRETOM SEL PUNCA MESENKIMAL HIPOKSIA TERHADAP EKSPRESI GEN TNF-α DAN MCP 1 (Studi Eksperimental In vivo Pada Tikus Obesitas yang diinduksi Streptozotocin (STZ)

Ihdina Hanifa H. I., Ihdina Hanifa H. I. (2023) PENGARUH PEMBERIAN SEKRETOM SEL PUNCA MESENKIMAL HIPOKSIA TERHADAP EKSPRESI GEN TNF-α DAN MCP 1 (Studi Eksperimental In vivo Pada Tikus Obesitas yang diinduksi Streptozotocin (STZ). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
MBK1914010153_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Diabetes melitus (DM) tipe 2 merupakan Gangguan metabolisme dengan terjadinya resistensi reseptor insulin dan berkurangnya kemampuan sel β– pankreas dalam mensekresikan insulin, akan terjadi peningkatan jaringan adiposa yang menyebabkan hipertrofi dan hyperplasia. Keadaan ini memicu terjadinya inflamasi yang melibatkan peran sitokin dan kemokin pro-inflamasi seperti TNF-α (Tumor Necrosis Factor-Alpha) dan MCP-1 (Monocyte Chemotactic Protein-1). Terapi berbasis sel seperti pemberian sekretom sel punca mesenkimal hipoksia menawarkan paradigma baru dalam pengelolaan DMT2. Tujuan : mengetahui pengaruh pemberian sekretom sel punca mesenkimal (SSPM) hipoksia terhadap ekspresi gen TNF-α dan MCP-1 pada tikus obesitas yang diinduksi STZ. Metode : Penelitian ekperimental dengan pendekatan post test only control group design. Subyek penelitian berjumlah 20 ekor tikus jantan galur wistar yang dibagi secara acak menjadi 4 kelompok. Kelompok K1 pemberian pakan standard dan aquadest. Kelompok K2 subyek obesitas melitus tipe 2 dengan NaCL 0,9 %. Kelompok K3 dan K4 subyek obesitas melitus tipe 2 perlakuan sekretom dosis 250 µl dan 500 µl. Penelitian dilakukan di Laboratorium Lembaga Penelitian Sel Punca Sultan Agung selama 21 hari dengan pengambilan darah untuk pemeriksaan ekspresi gen TNF-α dan MCP-1 menggunakan metode PCR. Hasil : Rerata ekspresi TNF- terendah yaitu kelompok K4 (3.19 pg/ml) dan rerata ekspresi MCP-1 terendah pada kelompok K4 (1.57 %). Uji One way anova menunjukkan perbedaan bermakna pada ekspresi TNF- dengan nilai p=0,006 dan pada ekspresi MCP- 1 menunjukkan perbedaan yang bermakna p=0,000 (p<0.05). Uji Tamhane ekspresi TNFpada K1 menunjukkan perbedaan signifikan terhadap K3 dengan nilai p-value 0.039 (p<0,05). Hasil uji Tamhane ekspresi MCP-1 antar tiap kelompok pada P1 menunjukkan perbedaan signifikan terhadap K+ (p<0,05). Kesimpulan: Pemberian sekretom sel punca mesenkimal (SSPM) hipoksia menurunkansecara signifikan terhadap ekspresi gen TNF-α dan MCP-1 pada tikus obesitas yang diinduksi STZ. Kata Kunci : TNF-α, MCP-1, SPPM

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 06 Oct 2023 08:00
Last Modified: 06 Oct 2023 08:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31111

Actions (login required)

View Item View Item