PENGARUH GEL EKSTRAK DAUN SALAM (Syzygium polyanthum) TERHADAP EKSPRESI GEN IL-10 DAN IL-6 PADA ULKUS TRAUMATIKUS (Studi Eksperimental in vivo pada Tikus Wistar Ulkus Traumatikus)

Shafia, Arina (2023) PENGARUH GEL EKSTRAK DAUN SALAM (Syzygium polyanthum) TERHADAP EKSPRESI GEN IL-10 DAN IL-6 PADA ULKUS TRAUMATIKUS (Studi Eksperimental in vivo pada Tikus Wistar Ulkus Traumatikus). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
MBK2016010193_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Traumatic Ulcer merupakan ulkus karena trauma dan ditandai dengan menghilangnya lapisan epitelium dan basalis dikarenakan ekskavasi jaringan yang dalam. Pada ulkus traumatikus, terdapat peningkatan ekspresi IL-6 dan penurunan ekspresi IL-10. Hal tersebut menyebabkan fase inflamasi menjadi lebih lama sehingga proses penyembuhan juga lebih lama. Tanaman salam mempunyai aktivitas antiinflamasi karena kandungan kimia flavonoid, terutama kuersetin yang tinggi. Tujuan: Membuktikan pengaruh gel ekstrak daun salam terhadap ekspresi gen IL-10 dan IL-6 pada ulkus traumatikus tikus galur wistar. Metode: Penelitian eksperimental in vivo dengan rancangan berupa post test only control group dengan metode rancang acak lengkap. Jumlah sampel 24 ekor tikus jantan wistar, dibagi menjadi empat kelompok. Kelompok K1 (diberi Base gel), kelompok K2 (diberi Kenalog in Orabase), kelompok K3 (gel ekstrak daun salam 10%) dan kelompok K4 (gel ekstrak daun salam 15%) serta diberikan perlakuan selama 5 hari. Kadar IL-6 dan IL-10 diuji menggunakan uji One Way Anova dilanjutkan dengan uji Post Hoc Tamhane. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa kadar IL-6 terdapat perbedaan pada kelompok K4 dibanding K1 sig. (p = 0,007) dan terdapat perbedaan kadar IL- 10 pada kelompok K4 dibanding K1 sig. (p = 0,003) setelah diberikan perlakuan gel ekstrak daun salam secara topikal. Kesimpulan: Perlakuan dengan gel ekstrak daun salam (Syzygium polyanthum) 15% terbukti secara bermakna meningkatkan ekspresi gen IL-10 dan menurunkan ekspresi gen IL-6 pada tikus galur wistar model ulkus traumatikus Kata Kunci: Daun Salam, Ulkus Traumatikus, Kadar IL-6, Kadar IL-10

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:50
Last Modified: 06 Oct 2023 07:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31107

Actions (login required)

View Item View Item