PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK EUCHEUMA COTTONII DAN METILPREDNISOLON TERHADAP KADAR INTERLEUKIN 4, INTERLEUKIN 10, DAN HISTAMIN (Studi Eksperimental Pada Mencit Betina BALB/c Asthma-like yang Diinduksi Ovalbumin)

Rizaldy, Rheza (2023) PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK EUCHEUMA COTTONII DAN METILPREDNISOLON TERHADAP KADAR INTERLEUKIN 4, INTERLEUKIN 10, DAN HISTAMIN (Studi Eksperimental Pada Mencit Betina BALB/c Asthma-like yang Diinduksi Ovalbumin). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
MBK2016010210_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Prevalensi asma mengalami peningkatan secara global dan umumnya diobati menggunakan kortikosteroid sebagai standar pengobatan utama. Namun, kortikosteroid dapat menyebabkan beberapa efek samping, dan terdapat kasus asma yang resisten terhadap kortikosteroid semakin banyak terjadi. Eucheuma cottonii terbukti memiliki potensi untuk mengurangi respons inflamasi pada hipersensitivitas tipe I. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efek kombinasi ekstrak Eucheuma cottonii dan metilprednisolon pada kadar IL-4, IL-10, dan histamin pada mencit BALB/c dengan asma yang diinduksi dengan ovalbumin. Metode : Penelitian post-test only controlled group design ini dilakukan pada 30 model mencit betina galur BALB/c dengan asma yang dibagi secara acak menjadi 5 kelompok yaitu sham, K1, K2, K3, dan P1. Kelompok K2 diberi metilprednisolon 0,24 mg/hari, K3 diberi esktrak Eucheuma cottonii 300 mg/kgBB/hari, dan kelompok P1 diberi kombinasi keduanya. Pada hari ke 32 dilakukan pengambilan darah untuk pemeriksaan IL-4, IL-10, dan Histamin plasma. Data dianalisis menggunakan uji One-way Anova. Hasil : Kelompok P1 memiliki rata-rata IL-4 terendah (89.30 ± 1.37) dan IL-10 tertinggi (487.03 ± 20.57) dibandingkan dengan kelompok kontrol (p = 0.001). Kelompok P1 memiliki rata-rata histamin yang tidak berbeda secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol (p > 0.05). Kesimpulan : Pemberian kombinasi metilprednisolon dan ekstrak Eucheuma cottonii memiliki kadar IL-4 plasma dan kadar IL-10 yang berbeda secara signifikan dibandingkan dengan pemberian terapi tunggal. Namun, tidak terdapat perbedaan signifikan kadar Histamin plasma dibandingkan dengan terapi tunggal. Kata kunci : Eucheuma cottonii, IL-4, IL-10, Histamin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:47
Last Modified: 06 Oct 2023 07:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31106

Actions (login required)

View Item View Item