PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUAH PARE (Momordica charantia) TERHADAP KADAR KOLESTEROL, IL-6, DAN MDA (Studi Eksperimental Pada Tikus Wistar Jantan Hiperkolesterolemia)

Rahma, Novia Aprilia (2023) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUAH PARE (Momordica charantia) TERHADAP KADAR KOLESTEROL, IL-6, DAN MDA (Studi Eksperimental Pada Tikus Wistar Jantan Hiperkolesterolemia). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
MBK2117010237_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Hiperkolesterolemia adalah kondisi peningkatan kolesterol total dan peningkatan Low Density Lipoprotein (LDL) kolesterol yang dapat mensekresi sitokin proinflamasi Interleukin-6 (IL-6) melalui aktivasi jalur NF-kB serta stres oksidatif yang mengakibatkan peningkatan kadar Malondialdehyde (MDA). Studi menunjukkan ekstrak buah pare mengandung flavonoid yang bersifat antioksidan dan dapat menurunkan kadar kolesterol. Tujuan : Mengetahui pengaruh ekstrak buah pare terhadap kadar kolesterol total, IL-6, dan MDA pada tikus yang hiperkolesterolemia. Metode : Penelitian eksperimental Post Test Only Control Group Design. Subyek penelitian 25 ekor tikus wistar dibagi dalam 5 kelompok. Tikus kelompok K (N) hanya diberikan pakan standar, K(-) hanya diberi diet hiperkolesterol selama 28 hari, kelompok K(+), P1, dan P2 diberi diet hiperkolesterol 14 hari, dan 14 hari selanjutnya diberi diet hiperkolesterol dan simvastatin 0,09 mg/kgBB, ekstrak pare dengan dosis 150 mg/kgBB, serta kombinasi ekstrak pare 75 mg/kgBB dan simvastatin 0.045 mg/kgBB. Hari ke 29 tikus dilakukan pemeriksaan kadar kolesterol total, IL-6 dan MDA. Hasil : Hasil uji Shapiro Wilk dan uji levene menunjukkan data terdistribusi normal dan homogen. Pada uji One Way Anova kelompok P1, P2, dan P3 tikus hiperkolesterolemia didapatkan kadar kolesterol, IL-6, dan MDA mengalami perubahan lebih rendah yang signifikan (p<0,05) dibanding kelompok kontrol. Hasil uji Tukey menunjukkan kadar kolesterol, IL-6, dan MDA antar kelompok memiliki perbedaan yang signifikan pada semua kelompoknya (p<0.05). Kesimpulan : Ekstrak pare, simvastatin, serta kombinasi simvastatin dan ekstrak pare berpengaruh terhadap penurunan kadar kolesterol, IL-6, dan MDA pada tikus yang hiperkolesterolemia. Kata Kunci : buah pare, IL-6, kolesterol total, MDA

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:42
Last Modified: 06 Oct 2023 07:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31105

Actions (login required)

View Item View Item