PENGARUH PEMBERIAN JUS LABU SIAM (Sechium edule) TERHADAP KADAR MDA DAN INTERLEUKIN-6 (Studi Eksperimental pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar yang diinduksi Diet Tinggi Lemak)

Chasmirahayu, Ayu (2023) PENGARUH PEMBERIAN JUS LABU SIAM (Sechium edule) TERHADAP KADAR MDA DAN INTERLEUKIN-6 (Studi Eksperimental pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar yang diinduksi Diet Tinggi Lemak). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
MBK2118010251_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Displidemia adalah peningkatan kolestrol total akibat konsumsi lemak menyebabkan metabolisme asam lemak bebas sehingga terjadi ketidakseimbangan antara radikal bebas dengan antioksidan. Keadaan ini merupakan stress oksidatif mengakibatkan kerusakan jaringan memicu reaksi inflamasi yang melepaskan sitokin proinflamasi seperti IL-6 dan pencetus MDA akibat adanya oksidasi lipid pada jaringan. Kondisi ini dapat dinetralkan dengan mengkonsumsi antioksidan dari luar tubuh seperti jus labu siam. Tujuan : mengetahui pengaruh pemberian jus labu siam terhadap kadar MDA dan IL-6 pada tikus jantan galur wistar yang diberi diet tinggi lemak. Metode : Penelitian ekperimental dengan post test only control group design. Subyek penelitian berjumlah 24 ekor tikus jantan galur wistar yang secara acak menjadi 4 kelompok. Kelompok K1 pemberian pakan standard dan aquadest. Kelompok K2 tanpa pemberian jus labu siam namun diberi diet tinggi lemak. Kelompok K3 dan K4 diberi diet tinggi lemak dan jus labu siam masing-masing dengan dosis 1,8mL/200gBB/hari dan 3,6mL/200gBB/hari. Penelitian dilakukan selama 29 hari untuk pemeriksaan kadar MDA menggunakan metode TBARS dan IL-6 menggunakan metode ELISA. Hasil : Rerata kadar MDA terendah yaitu kelompok K4 (0,058 ng/L) dan rerata kadar IL-6 terendah pada kelompok K3 (4,513 ppm). Uji One way anova menunjukkan perbedaan bermakna pada kadar MDA dengan nilai p=0,021(p<0,05). Uji Tamhane kadar MDA pada K1 dan K4 menunjukkan perbedaan signifikan terhadap K2 (p<0,05). Uji One way anova menunjukkan tidak ada perbedaan bermakna p=0,108 (p>0,05) pada kadar IL-6. Kesimpulan: Pemberian jus labu siam terbukti berpengaruh terhadap kadar MDA dan tidak berpengaruh terhadap IL-6 pada kelompok tikus yang mendapat diet tinggi lemak. Kata Kunci : jus labu siam, MDA, IL-6

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:56
Last Modified: 06 Oct 2023 03:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31101

Actions (login required)

View Item View Item